Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini berjudul Pelatihan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Menggunakan Kinesio Tape Bagi Tenaga Pengajar di Sekolah Keberbakatat Olahraga (SKO) Provinsi Bengkulu. Tujuan pengabdian ini untuk menambah pengetahuan tenaga pengajar di Sekolah keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Bengkulu. Metode yang kami gunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan dengan cara ceramah dan tanya jawab serta mengadakan praktek langsung bagi para peserta pelatihan. Kegiatan pelatihan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Menggunakan KinesioTape untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tenaga pengajar. Peserta kegiatan ini adalah Tenaga Pengajar Sekolah keberbakaant Olahraga (SKO) Provinsi Bengkulu berjumlah 30 orang Pelatihan ini menghasilkan peningkatan pengetahuan tenaga pengajar tentang Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Menggunakan KinesioTape, yaitu sebagai berikut: pengetahuan awal sebelum pelatihan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Menggunakan KinesioTape sebesar 63%, pengetahuan setelah pelatihan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Menggunakan KinesioTape sebesar 88.50%

Keywords

Cedera Olahraga Kinesio Tape SKO

Article Details

How to Cite
Ilahi, B. R., Raibowo, S., Yarmani, Y., & Hiasa, F. (2022). Pelatihan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Menggunakan KinesioTape Pada Tenaga Pengajar Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 223–233. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.21150

References

  1. Arniansya, R. (2018). Implementasi Metode Naive Bayes-Certainty Factor Untuk Identifikasi Cedera Pada Pemain Futsal (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
  2. Darmawan, A. A., Surendra, M., Kinanti, R. G., & Raharjo, S. (2020, November). Management of Dislocation Injury Physiotherapy at PhysioSET Physiotherapy Clinic in Malang City. In The 3rd International Conference on Sports Sciences and Health 2019 (ICSSH 2019) (pp. 5-9). Atlantis Press.
  3. Ilham, I., Iqroni, D., & Setiawan, I. B. (2021). Kinesio Taping Pada Rehabilitasi Cedera Olahraga Bulu Tangkis. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 2(1), 40-45.
  4. Ita, S., Ibrahim, I., Hasan, B., & Ansar, C. S. (2022). Pelatihan Penanganan Cidera Olahraga Menggunakan Metode RICE, Sport Massage, dan Kinesiotaping pada Tim Akuatik PON-XX Papua Tahun 2021. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 539-544.
  5. Kamadi, L., Bachtiar, I., & Mappaompo, A. (2019). Sosialisasi Massage pada Atlet Petanque Sulawesi Selatan. Jurnal Dedikasi UNIMED, 20 No. 1.
  6. Khadavi, M. R., & Ulfah, W. A. (2019). Workshop Pelatihan Pencegahan Dan Perawatan Cidera (PPC) Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Kecamatan Gerunggung Kota Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3, 1–25. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/alq/article/download/619/203/
  7. Mediatati, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pelatihan Partisipatif Dengan Pendampingan Intensif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 148. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p148-163
  8. Ranintya Meikahani, E. S. K. (2013). Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolongan Dan Perawatan Cedera Olahraga Untuk Siswa Sekolah Menengah P. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1), 15–22.
  9. Simatupang, N. (2016). Pengetahuan Cedera Olahraga Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahrgaan UNIMED. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 02(01), 31–42.
  10. Supriyadi, H. (2016). Analisis Cedera Olahraga Dalam Aktivitas Pendidikan Jasmani Pada Siswa SMA Negeri 1 Nalumsari Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. Lib.Unnes.Ac.Id, 21.