Main Article Content
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian IbM adalah mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan pembelajaran tematik menggunakan media berbasis ICT, (2) sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa tentang peduli lingkungan. Subjek kegiatan adalah guru dan siswa kelas V SDN 04 dan 20 Kota Bengkulu tahun 2016/2017. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui dua cara yaitu pembelajaran in-door berbasis ICT dan out-door di Taman Satwa Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data siswa tentang lingkungan hidup menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data secara kualitatif yaitu menggunakan persentase. Simpulan dari kegiatan adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan media berbasis ICT secara in-door termasuk kategori sangat baik sedangkan yang secara out-door dengan kategori baik, dan (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik terintegrasi PLH dan pelestarian biodiversity dapat: (a) mengembangkan sikap social siswa yaitu peduli lingkungan, disiplin, tanggungjawab, dan kreatif. (b) Pengetahuan siswa tentang kehidupan hewan karnivora, herbivora, dan omnivora. (c) Keterampilan siswa membuat teks penjelasan tentang hewan karnivora, herbivora, dan omnivora, mengisi tabel, membuat laporan pengamatan, dan membuat gambar dengan terampil (garis, bentuk dan warna).
Kata kunci: pembelajaran tematik, in-door dan out-door, berbasis ICT
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Trianto, 2010, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Prestasi Pustaka, Jakarta.
- Winarni, E.W., Daimun, V. Karjiyati, 2015, IbM Penanaman Prinsip Re-duce, Re-use, dan Re-cycle (3R) dengan Pembuatan karya Kolase dalam Pembelajaran Tematik di SD, Laporan IbM Hibah Dikti, Bengkulu.
- Winarni, E.W., F. Noperman, E.P. Purwandari, 2014, Pengembangan Buku IPA SD Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Kesadaran Lingkungan, dan Fenomena Alam, Laporan Penelitian Hibah Kompetensi Tahun ke III, Hibah Dikti, Bengkulu.
- Winarni, E.W., 2012, Inovasi dalam Pembelajaran IPA, FKIP, Unib Press, ISBN 978-602-8043-29-8. Bengkulu.
- Winarni, E.W., 2016a, Paradigma Pembelajaran Abad 21 “Inovatif, Kreatif, Produktif, dan Afektif”, Prosiding Seminar Nasional Universitas Muhamadiyah Palembang, Vol. 1 No.1 TH. JAN-DES 2016 ISSN: 2527-7553, Palembang.
- Winarni, E.W., 2016b, Environment-based Character Education to Build Future Generation’s Competent, International Conference on Education and Psychology Universiti Malaysia Sabah Kota Kinabalu, Programme Book International Conference on Education and Psychology.
References
Trianto, 2010, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Prestasi Pustaka, Jakarta.
Winarni, E.W., Daimun, V. Karjiyati, 2015, IbM Penanaman Prinsip Re-duce, Re-use, dan Re-cycle (3R) dengan Pembuatan karya Kolase dalam Pembelajaran Tematik di SD, Laporan IbM Hibah Dikti, Bengkulu.
Winarni, E.W., F. Noperman, E.P. Purwandari, 2014, Pengembangan Buku IPA SD Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Kesadaran Lingkungan, dan Fenomena Alam, Laporan Penelitian Hibah Kompetensi Tahun ke III, Hibah Dikti, Bengkulu.
Winarni, E.W., 2012, Inovasi dalam Pembelajaran IPA, FKIP, Unib Press, ISBN 978-602-8043-29-8. Bengkulu.
Winarni, E.W., 2016a, Paradigma Pembelajaran Abad 21 “Inovatif, Kreatif, Produktif, dan Afektif”, Prosiding Seminar Nasional Universitas Muhamadiyah Palembang, Vol. 1 No.1 TH. JAN-DES 2016 ISSN: 2527-7553, Palembang.
Winarni, E.W., 2016b, Environment-based Character Education to Build Future Generation’s Competent, International Conference on Education and Psychology Universiti Malaysia Sabah Kota Kinabalu, Programme Book International Conference on Education and Psychology.