IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS ICT UNTUK PENANAMAN SIKAP, PENGETAHUAN, DAN KETERAMPILAN PEDULI LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA BENGKULU

Endang Widi Winarni(1), Sri Dadi(2), Yudi Setiawan(3),
(1) PGSD FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) , Indonesia
(3) , Indonesia

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian IbM adalah mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan pembelajaran tematik menggunakan media berbasis ICT, (2) sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa tentang peduli lingkungan. Subjek kegiatan adalah guru dan siswa kelas V SDN 04 dan 20 Kota Bengkulu tahun 2016/2017. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui dua cara yaitu pembelajaran in-door berbasis ICT dan out-door di Taman Satwa Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data siswa tentang lingkungan hidup menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data secara kualitatif yaitu menggunakan persentase. Simpulan dari kegiatan adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan media berbasis ICT secara in-door termasuk kategori sangat baik sedangkan yang secara out-door dengan kategori baik, dan (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik terintegrasi PLH dan pelestarian biodiversity dapat: (a) mengembangkan sikap social siswa yaitu peduli lingkungan, disiplin, tanggungjawab, dan kreatif. (b) Pengetahuan siswa tentang kehidupan hewan karnivora, herbivora, dan omnivora. (c) Keterampilan siswa membuat teks penjelasan tentang hewan karnivora, herbivora, dan omnivora, mengisi tabel, membuat laporan pengamatan, dan membuat gambar dengan terampil (garis, bentuk dan warna).

 

Kata kunci: pembelajaran tematik, in-door dan out-door, berbasis ICT

 


References


Trianto, 2010, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Prestasi Pustaka, Jakarta.

Winarni, E.W., Daimun, V. Karjiyati, 2015, IbM Penanaman Prinsip Re-duce, Re-use, dan Re-cycle (3R) dengan Pembuatan karya Kolase dalam Pembelajaran Tematik di SD, Laporan IbM Hibah Dikti, Bengkulu.

Winarni, E.W., F. Noperman, E.P. Purwandari, 2014, Pengembangan Buku IPA SD Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Kesadaran Lingkungan, dan Fenomena Alam, Laporan Penelitian Hibah Kompetensi Tahun ke III, Hibah Dikti, Bengkulu.

Winarni, E.W., 2012, Inovasi dalam Pembelajaran IPA, FKIP, Unib Press, ISBN 978-602-8043-29-8. Bengkulu.

Winarni, E.W., 2016a, Paradigma Pembelajaran Abad 21 “Inovatif, Kreatif, Produktif, dan Afektif”, Prosiding Seminar Nasional Universitas Muhamadiyah Palembang, Vol. 1 No.1 TH. JAN-DES 2016 ISSN: 2527-7553, Palembang.

Winarni, E.W., 2016b, Environment-based Character Education to Build Future Generation’s Competent, International Conference on Education and Psychology Universiti Malaysia Sabah Kota Kinabalu, Programme Book International Conference on Education and Psychology.




DOI: https://doi.org/10.33369/dr.v14i2.4313

Article Metrics

 Abstract Views : 18 times
 DOWNLOAD FILE PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik Counter

View My Stats

Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS

LPPM Universitas Bengkulu

Jl. WR. Supratman, Kandang Limun, Kec. Muara Bangka Hulu, Sumatera, Bengkulu 38371

Website: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dharmaraflesia/index

Email :dharmaraflesia@gmail.com

No.Hp: 081373315732

E-ISSN: 2615-4544