Main Article Content

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian IbM adalah mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan pembelajaran tematik menggunakan media berbasis ICT, (2) sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa tentang peduli lingkungan. Subjek kegiatan adalah guru dan siswa kelas V SDN 04 dan 20 Kota Bengkulu tahun 2016/2017. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui dua cara yaitu pembelajaran in-door berbasis ICT dan out-door di Taman Satwa Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data siswa tentang lingkungan hidup menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data secara kualitatif yaitu menggunakan persentase. Simpulan dari kegiatan adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan media berbasis ICT secara in-door termasuk kategori sangat baik sedangkan yang secara out-door dengan kategori baik, dan (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik terintegrasi PLH dan pelestarian biodiversity dapat: (a) mengembangkan sikap social siswa yaitu peduli lingkungan, disiplin, tanggungjawab, dan kreatif. (b) Pengetahuan siswa tentang kehidupan hewan karnivora, herbivora, dan omnivora. (c) Keterampilan siswa membuat teks penjelasan tentang hewan karnivora, herbivora, dan omnivora, mengisi tabel, membuat laporan pengamatan, dan membuat gambar dengan terampil (garis, bentuk dan warna).

 

Kata kunci: pembelajaran tematik, in-door dan out-door, berbasis ICT

 

Article Details

How to Cite
Winarni, E. W., Dadi, S., & Setiawan, Y. (2018). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS ICT UNTUK PENANAMAN SIKAP, PENGETAHUAN, DAN KETERAMPILAN PEDULI LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA BENGKULU. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 14(2). https://doi.org/10.33369/dr.v14i2.4313

References

  1. Trianto, 2010, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Prestasi Pustaka, Jakarta.
  2. Winarni, E.W., Daimun, V. Karjiyati, 2015, IbM Penanaman Prinsip Re-duce, Re-use, dan Re-cycle (3R) dengan Pembuatan karya Kolase dalam Pembelajaran Tematik di SD, Laporan IbM Hibah Dikti, Bengkulu.
  3. Winarni, E.W., F. Noperman, E.P. Purwandari, 2014, Pengembangan Buku IPA SD Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Kesadaran Lingkungan, dan Fenomena Alam, Laporan Penelitian Hibah Kompetensi Tahun ke III, Hibah Dikti, Bengkulu.
  4. Winarni, E.W., 2012, Inovasi dalam Pembelajaran IPA, FKIP, Unib Press, ISBN 978-602-8043-29-8. Bengkulu.
  5. Winarni, E.W., 2016a, Paradigma Pembelajaran Abad 21 “Inovatif, Kreatif, Produktif, dan Afektif”, Prosiding Seminar Nasional Universitas Muhamadiyah Palembang, Vol. 1 No.1 TH. JAN-DES 2016 ISSN: 2527-7553, Palembang.
  6. Winarni, E.W., 2016b, Environment-based Character Education to Build Future Generation’s Competent, International Conference on Education and Psychology Universiti Malaysia Sabah Kota Kinabalu, Programme Book International Conference on Education and Psychology.