PEMBIBITAN TANAMAN LADA PERDU SEBAGAI PENGGANTI LADA PANJAT DI DESA PULAU PANGGUNG KABUPATEN KAUR

Helfi Eka Saputra, Budi Harlianto, Dwi Wahyuni Ganefianti, Entang Inoriah, Prasetyo Prasetyo

Sari


Lada perdu merupakan solusi dalam budidaya lada tanpa tiang panjat. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk membuat bibit tanaman lada perdu sebagai percontohan bagi masyarakat di Desa Pulau Panggung Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu untuk mengatasi kendala pada tanaman lada tiang panjat. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan pembuatan bibit lada perdu di Desa Pulau Panggung, Kabupaten Kaur. Hasil kegiatan menunjukkan peserta dalam pembuatan bibit lada perdu memiliki antusias tinggi. Keberhasilan dalam kegiatan pelatihan ini adalah peserta dapat memilih cabang buah sebagai bahan tanam lada perdu. Keberhasilan cabang buah yang ditanam ditandai dengan adanya kuncup daun yang terbentuk. Kesimpulan kegiatan pengabdian adalah pembuatan bibit lada perdu dapat dijadikan sebagai teknik baru dalam budidaya lada.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


AAK. 2005. Bercocok Tanam Lada.Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Hal 16 Cet. 15.

BPS, 2016. Kecamatan Luas Dalam Angka tahun 2016. BPS Kab. Kaur. Kaur.

Permadi, A. 2008. Membuat Kebun tanaman Obat.Jakarta : Pustaka Bunda. Cet. 1 Hal 37.

Rivai, A.M., A. Wahyudi, K.D. Sasmita dan Khaerati, 2008. Lada Perdu Tanaman Eksotik Bernilai Ekonomi. Sikuler Teknologi Tanaman Rempah dan Industri. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Vol. 1 No.1. 9 hlm.

Rukmana, R. 2003. Tanaman Perkebunan: Usaha Tani Lada Perdu. Yogyakarta : Penerbit Kanisius. Hal 7.

Sarpian, T. 2003. Pedoman Berkebun Lada dan Analisis Usaha Tani. Yogyakarta : Penerbit Kanisius. Hal 22-27.

Suryatini. 2008. Dapur Naga di Indonesia.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Hal 106.

Zaubin, R., N. Indrati dan D. Elphywika, 1994. Pengaruh Jumlah Daun tempat Pemotongan Setek Terhadap Pertumbuhan Akar Setek Cabang Buah Lada. Pemberitaan Penel. Tan. Industri, XIX (3-4) : 66–70.

Zaubin, R., T. Sunarti dan A.M. Murni, 1992. Rooting of Black Pepper Plagiotropic Cuttings After Treated with Sucrose and IBA (Indole Butyric Acid). J. Spice and Medicinal Crops 1 (1) : 1 – 4.


Article Metrics

Sari view : 0 times
DOWNLOAD PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright Dharma Raflesia 2017