RESPON SISWA SMA N 1 KOTA BENGKULU TERHADAP MODEL APOS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Hanifah Hanifah

Sari


ABSTRAK

Model APOS adalah Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS, dengan sintak yang terdiri dari fase: Orientasi, Praktikum, Diskusi kelompok Kecil, Diskusi Kelas, Latihan/Evaluasi. Model APOS merupakan penyempurnan dari Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan teori APOS (MPK-APOS) yang telah terbukti valid, praktis dan efektif. Model APOS adalah model pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa, dan ditujukan untuk pembelajaran di perguruan tinggi. Adanya tuntutan agar menerapkan Kurikulum (K-13), dan anjuran agar menggunakan pendekatan saintifik, maka diadakanlah kegiatan dengan judul “Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model APOS Berbantuan Komputer Dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru-Guru Matematika & IPA SMA N I Kota  Bengkulu”.. Program apklikasi komputer  yang dipilih untuk pelatihan adalah adalah GeoGebra. Indikatorkeberhasilan kegiatan adalah terciptanya  LKPD buatan guru. Kelompok gurru matematika berhasil merancang LKPD Dilatasi berbantuan Geogebra dan LKPD  statistik berbantuan MS Excel. LKPD Statistik yang bisa diterapkan sesuai jadwal di kelas XII IPA 1  SMA N 1 Kota Bengkulu yang diikuti oleh 31 siswa. Dari hasil jajak pendapat yang dikumpulkan melalui angket terbuka diperoleh informasi bahwa: 67,74 % siswa suka belajar menggunakan LKPD berbasis Model APOS dengan pendekatan Saintifik berbantuan MS Excel;  77,42 % siswa suka belajar berkelompok; 83,87 % mengerti materi. Berdasarkan  hasil pengamatan, siswa terlihat antusias dan aktif selama pembelajaran berlangsung. Dapat disimpulkan bahwa Model APOS dengan pendekatan Saintifik Berbantuan Komputer mendapat respon yang positif  siswa. Siswa bisa merasakan dampak positif dari pembelajaran  menggunakan Model APOS yaitu bisa saling bertanya atau saling  memberi tanggapan.

Kata Kunci: Model APOS, Saintifik,  Sintak Model APOS, LKPD


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Arnawa. 2006. Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Mahasiswa dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Disertasi pada Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan

Arnawa. 2009. Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarka Teori APOS. Padang: FMIPA.UNAND.

http://jms.fmipa.itb.ac.id/jms/article/viewFile/238/248

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta.

Gava Media

Dubinsky. 2001. Using a Theory of Learning in College Mathematics Courses. Coventry: University of Warwick http://mathstore.ac.uk/newsletter/may2001/pdf/learning.pdf

Hanifah. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS. Disertasi. Program Pascasarjana UNP. Tidak dipublikasikan

Hanifah. 2016. Model APOS. Inovasi Pada Pembelajaran Matematika. Bengkulu. FKIP UNIB Press.

Hanifah 2015. Developing Calculus Learning Model Based On The Theory of APOS (Action,

Process, Object, And Schema). Proceeding. ISBN: 978-602-19877-3-5. The International

Conference On Mathematics, Science, Education And Technologi.. October 22, 2015, Inna

Muara Hotel and Convention Center. Padang Indonesia. Hal. 76 - 85

Hanifah 2016. Development of math worksheets bases on APOS model ( a case study of Integral

Calculus). Proceeding . ISBN: 978-602-19877-5-9. The Fourth South East Asia

Design/Development Research International Conference 2016. Graduate Programme,

Uninersitas Negeri Padang. April, 17th – 18th 2016. Hal. 142 – 156

Hanifah.2016. Kepraktisan Lembar Kerja Berbasis Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori

APOS. Prosiding ISBN: 979-602-71798-1-3 Semirata 2016 Bidang MIPA BKS-PTN

Wilayah Barat. Graha Sriwijaya, Universitas Sriwijaya Palembang, 22-24 Mei 2016. Hal

- 224

Hanifah. 2016. Peranan Komputer Pada Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS

(Model APOS). Prosiding ISSN: 2580 – 1104. Seminar Nasional Matematika V

Universitas Negeri Jakarta 5 November 2016. Hal. 13-16

Hanifah 2016. The Impact of Mathematics Learning Model Implementation Based on

APOS Theory (APOS Model). ( A Case Study on Integral Calculus Learning). International

Conference on Science and Technology. “science and technology for improving quality of

life”. November 9-10, 2016. Pekanbaru, Indonesia. http://www.estech.org. Hal 573 - 579

Hanifah 2017. Kepraktisan Lembar Kerja Berbasis Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan

Teoari APOS (Model APOS) oleh Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik UNIB

TA 2015/2016 (Studi Kasus Pada Pembelajaran Kalkulus); Prosiding SEMIRATA 2017

Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat. Jambi. Ratu Convention Center 12 – 14 Mei 2017.

Hal. 723 – 725

Hanifah, Irsal. 2017. The Implementation of APOS MODEL In Transformation Geometry

Course. Proceeding of International Conference on Mathematics and Mathematics

Education )ICM2E) 2017.ISBN: 978-602-50919-0-2. Novotel Hotel Bukittinggi 27 – 29

August 2017 hal. 89 – 95

Hanifah. 2017. Computer Based APOS Model on Mathematics Learning . Proceeding

ISBN: 2598-2532. International Conference of Applied Science on Engineering, Business,

Linguistics and Information Technology (Ico-ASCNITech). Politeknik Negeri Padang and

Politeknik Ibrahim Sultan, 13 -15 October 2017. Hal. 16 - 22

Hanifah, Irsal. 2017. Collage Students’ Errors in Solving Volume of Solids of Revolution Problems

and the Scaffolding Given on Model APOS Learning. Proceeding ISBN : 978-602-8043-

-7. Bengkulu International Conference (BICSE-2017). Rectorate Building 3rd Floor,

University of bengkulu. December 14 – 15, 2017. Hal. 100 -107

Hanifah. 2017. Implementasi Model APOS pada matakuliah Kalkulus Integral pada pokok Bahasan

Fungsi Transenden di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIB TA 2017/2018.

Prosiding ISBN: 978-602-8043-83-0. Conference on Mathematics, Science, and

Education. Gedung Dekanat FKIP UNIB 21-23 Desember 2017 . hal 230 - 238

Hanifah, Irsal. 2018. The Impact of Calculus Learning Based on APOS MODEL to Students’ Mastery

of Improper Integral Materials. Paper presented at Semirata and International Conference

on Science and Technology (SEMIRATA –ICST) 2018. Medan International Convention

Center (MICC) May 4 -6th, 2018

Hanifah, Irsal. 2018. The Effectivity of APOS Model Based Worksheets On The Improper Integral.

Paper presented at International Conference on Mathematics, Science, Education and

Technology (ICOMSET) 2018. At Universitas Negeri Padang, Padang City, Indonesia.

On October 4 – 5 th

Hanifah. 2018. Membangun Karakter Kritis, Ulet, Dan Percaya Diri Melalui Penerapan Model

APOS. (Studi Kasus Pada Pembelajaran Kalkulus Integral). Makalah yang telah

diseminarkan pada tanggal 25 Oktober 2018 pada ICETeP. FKIP UNIB

Kemdikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan mendikbud dalam Sosialisasi

Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud

Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran, UNESA University Press, Surabaya

Santrock. 2010. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.Jakarta: Kencana

Slavin. 2005. Cooperatove Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung Nusa Media

Suryadi. 2010.Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian Dari Sudut Pandang Teori Belajar Dan Teori Didaktik1. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di UNP , 9 Oktober 2010 http://didi-suryadi.staf.upi.edu/files/2011/06/MENCIPTAKAN- PROSES-BELAJAR-AKTIF.pdf

Suryadi. 2011. Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Sekolah Pascasarjan Universitas Pendidikan Indonesia; http://www.scribd.com/doc/93456342/Membangun-Budaya-Baru Dalam-Berpikirdiakses pada tanggal 23 Maret 2015.

Tran, Van Dat. 2014. The Effects of Cooperative Learningon the Academic Achievement and

Knowledge Retention. www.sciedu.ca/ijhe International Journal ofHigher Education

Vol. 3, No. 2; 2014


Article Metrics

Sari view : 0 times
DOWNLOAD PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright Dharma Raflesia 2017