Main Article Content
Abstract
Model APOS adalah Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS, dengan sintak yang terdiri dari fase: Orientasi, Praktikum, Diskusi kelompok Kecil, Diskusi Kelas, Latihan/Evaluasi. Model APOS merupakan penyempurnan dari Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan teori APOS (MPK-APOS) yang telah terbukti valid, praktis dan efektif. Model APOS adalah model pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa, dan ditujukan untuk pembelajaran di perguruan tinggi. Adanya tuntutan agar menerapkan Kurikulum (K-13), dan anjuran agar menggunakan pendekatan saintifik, maka diadakanlah kegiatan dengan judul “Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model APOS Berbantuan Komputer Dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru-Guru Matematika & IPA SMA N I Kota Bengkulu”.. Program apklikasi komputer yang dipilih untuk pelatihan adalah adalah GeoGebra. Indikatorkeberhasilan kegiatan adalah terciptanya LKPD buatan guru. Kelompok gurru matematika berhasil merancang LKPD Dilatasi berbantuan Geogebra dan LKPD statistik berbantuan MS Excel. LKPD Statistik yang bisa diterapkan sesuai jadwal di kelas XII IPA 1 SMA N 1 Kota Bengkulu yang diikuti oleh 31 siswa. Dari hasil jajak pendapat yang dikumpulkan melalui angket terbuka diperoleh informasi bahwa: 67,74 % siswa suka belajar menggunakan LKPD berbasis Model APOS dengan pendekatan Saintifik berbantuan MS Excel; 77,42 % siswa suka belajar berkelompok; 83,87 % mengerti materi. Berdasarkan hasil pengamatan, siswa terlihat antusias dan aktif selama pembelajaran berlangsung. Dapat disimpulkan bahwa Model APOS dengan pendekatan Saintifik Berbantuan Komputer mendapat respon yang positif siswa. Siswa bisa merasakan dampak positif dari pembelajaran menggunakan Model APOS yaitu bisa saling bertanya atau saling memberi tanggapan.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arnawa. 2006. Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Mahasiswa dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Disertasi pada Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan
- Arnawa. 2009. Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarka Teori APOS. Padang: FMIPA.UNAND.
- Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta. Gava Media.
- Hanifah, H. (2018). PENERAPAN LEMBAR KERJA BERBASIS MODEL AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA (APOS) PADA MATAKULIAH KALKULUS INTEGRAL POKOK BAHASAN TEKNIK INTEGRASI SUBSTITUSI YANG MERASIONALKAN. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4).
- Hanifah, H. BUKU MODEL APOS INOVASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.
References
Arnawa. 2006. Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Mahasiswa dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Disertasi pada Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan
Arnawa. 2009. Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarka Teori APOS. Padang: FMIPA.UNAND.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta. Gava Media.
Hanifah, H. (2018). PENERAPAN LEMBAR KERJA BERBASIS MODEL AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA (APOS) PADA MATAKULIAH KALKULUS INTEGRAL POKOK BAHASAN TEKNIK INTEGRASI SUBSTITUSI YANG MERASIONALKAN. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4).
Hanifah, H. BUKU MODEL APOS INOVASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.