Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah produk berupa LKS matematika dengan pendekatan saintifik berbasis outdoor, serta untuk menghasilkan LKS yang valid sehingga dapat digunakan oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dimana model pengembangan diadaptasi dari model Borg dan Gall yang menuliskan 10 langkah Research and Development. Namun pada penelitian ini diadaptasi 6 langkah pengembangan mengingat keterbatasan waktu, biaya dan tenaga,yangterdiri dari: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk awal, dan (6) uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika yang dikembangkan dan telah divalidasi oleh para ahli dengan kriteria valid dan reliabel, dimana kriteria validitas adalah tinggi yaitu, 0,913 dengan konsistensi ahli sedang 0,77, Rata-rata nilai peserta didik yang diperoleh setelah belajar menggunakan LKS lebih besar yaitu 80,35, sedangkan rata-rata nilai peserta didik dari guru tanpa menggunakan LKS sebesar 64,79.  Secara umum LKS matematika dengan pendekatan saintifik berbasis outdoor untuk siswa kelas IV SD pada materi bangun datar yang dikembangkan valid digunakan dalam pembelajaran

Keywords

LKS saintifik outdoor

Article Details

How to Cite
Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2019). VALIDITAS LKS MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS OUTDOOR PADA MATERI BANGUN DATAR. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 148–158. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.10612

References

  1. Azwar, S. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gavamedia 2014.
  3. Hidayat, A dan Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SMA. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1, No.2, pp, 51-63.
  4. Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukse dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007)
  5. McHugh, Mary, L. 2012. Interrater Reliability: the Kappa Statistik. Biochemia Medica, Vol. 22, No.3. p: 276-282
  6. Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
  7. Rodliyah, Z. 2014. Validitas Lembar Kerja Siswa Berorientasi Pendekatan Scientifik pada Materi Sisem Reproduksi Manusia. Jurusan Biologi FMIPA UNESA. Jurnal BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol.3, No.3. 2302-9528.
  8. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Reseacrh and Development (R&D). Bandung: Alfabeta.
  9. Trianto, 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
  10. Widiasworo, E. 2017. Strategi & Mengajar “Mengajar Siswa di Luar Kelas” (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA