Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran tematik dalam membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan metode struktural analitik sentesis (SAS) di SD Negeri 29 Kaur. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SD Negeri 29 Kaur. Guru I orang dan siswanya 15 siswa. Instrumen Penelitian lembar observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pengumpulan dan perekaman data mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi dengan uji kreadibilitas data dan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendiskripsikan pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan metode SAS bahwa guru telah menerapkan komponen pembelajaran yang mencakup perencanaan yaitu silabus dan RPP, pelaksanaan kegiatan pembuka, inti, dan penutup, dan evaluasi pembelajarn membaca dan menulis permulaan di kelas I SD Negeri 29 Kaur.

Keywords

Membaca Menulis SAS

Article Details

How to Cite
Satriawan, S., Hambali, D., & Muktadir, A. (2019). STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SENTESIS (SAS). Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 177–189. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.10617

References

  1. Abdullah, Ramli, 2012. Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar. (Jurnal Ilmiah Didaktika Fakultas Tarbiya IAIN Ar- Raniry)
  2. Abdurahman, M. 2003. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta Renika Cipta.
  3. Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia
  4. Artena, Suarmei. 2014. Pengaruh Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas II (Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD)
  5. Bogdan R & Biklen S.K. 2005. Qualitative Research endukation, An Introduction
  6. Darmawati. 2013. Penilaian Angka Kredit Guru.Jakarta: Bumi aksara
  7. Dubin. 2009. Metode Khusus Pengajaran Bahsa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi aksara
  8. Dwicahyono, Daryanto. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
  9. Ekowati. 2008. Strategi pembelajaran menulis. Sebelas Maret. University Press. Surakarta.
  10. Hasanudin, Cahyo, Tarigan. 2016. Pembelajaran Membaca Permulaa dengan Mengunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. (Jurnal Pedagogia Fakultas Pendidikan Bashasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro).
  11. Hasnudin, Cahyo. Dkk. 2017. Peningkatan Motivasi Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps. (Jurnal Pendidikan IKIP PGRI Bojonegoro).
  12. Herman J. Waluyo. 2006. Pengantar Filsafat Umum. Salatiga: Widya Sari Press
  13. Mulyasa, E. 2008.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Khairani. 2013. Pisikologi Belajar. 2009.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Yogyakarta : Aswaja Persindo.
  15. Kurniastuti, Irine. 2016. Mengenal Kesukaran Belajar Membaca Menulis Awal Siswa Sekolah Dasar Dan Metode Montessori Sebagai Alternatif Pengajarannya. (Jurnal Pendidikan FKIP, Universitas Santa Dharma).
  16. Kurniasih, Imas. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Edukasia
  17. Kusuma, Dewi. 2014. Penggunaaan Metode Setruktur Analitik Sentetik(SAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas I (Jurnal Pendidikan FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia).
  18. Maulana, Syafrina, 2013. Efektifitas Metode VAKT untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Anak Kesulitan Belajar. (Jurnal Pendidikan Luar Biasa, FIP UNP).
  19. Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group. Bandung: Remaja Rosdakarya
  20. Mulyati, Yeti. 2014. Pembelajaran Membaca dan Menulis Permualaan. (Bandung UPI).
  21. Nasution. 2011. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  22. Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. (Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta).
  23. Parjiati. 2012. Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemapuan Menulis. (Jurnal).
  24. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudyaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah.
  25. Rahman dan Amri. 2013. Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.
  26. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Group.
  27. Sedarmayanti. Hidayat, Syarifudin. 2011. Metodelogi Penelitian. 2014. Model-Model Bandung: Mandar Maju.
  28. Ruslan, Rosady. 2010. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
  29. Kemendikbud. 2012. Pembelajaran Membaca dan Menulis di kelas rendah (Modul Bahasa Indonesia 5). Jakarta : BPSDMPK dan PMP.
  30. Rina Iriani. 2011. Penerapan Model Tutor Sebaya dalam Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia. (Jurnal).
  31. Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
  32. Rusyana, Yus,.2004. Memperlakukan Sastra Bahasa Indonesiadan Sastra Bahasa Daerah Sebagai Sastra Milik Nasional, Makalah disajikan Pertemuan Ilmiah Nasional HISKI. Solo, 2-4 Oktober 2004.
  33. Saparahahuaningsih. Sri. 2014 Metodelogi Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
  34. Sanjaya, Wina. 2014. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta Kencana Prenada Media
  35. Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  36. Sri Harini, Ekowati. 2008. Strategi Pembelajarn Menulis Pada Mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis Pemula Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Surakarta: UNJ Press.
  37. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  38. Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  39. Sukmadinata, Nana Syaodih 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.
  40. Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  41. Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
  42. Widoyoko. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran (Jurnal Pendidikan Intrucional program evalution)
  43. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu