Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan: pengembangan, kelayakan, dan dampak  LKM model PjBL untuk meningkatkan literasi sains  aspek pengetahuan, sikap, konteks, dan kompetensi mahasiswa. Jenis penelitian ini pengembangan dengan model ADDIE- Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek penelitian yakni mahasiswa S2 Pendidikan Dasar FKIP Universitas Bengkulu semester I tahun2019/2020. Obyek penelitian yakni LKM dengan model PjBL. Instrumen dalam penelitian yakni: (1) lembar validasi produk, (2) lembar keterbacaan produk, dan (3) lembar penilaian literasi sains aspek sikap, konteks, pengetahuan, dan kompetensi. Teknik analisis data secara deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil analisis silabus dan RPS Mata Kuliah IPA Pendidikan Dasar pada  lingkup Biologi dan Kimia. (2) Kelayakan LKM PjBL dari validasi ahli dan uji keterbacaan oleh mahasiswa secara rata-rata mencapai kategori sangat tinggi. (3) Dampak penggunaan LKM PjBL terhadap literasi aspek pengetahuan secara rata-rata mengalami peningkatan sebesar sebesar 86,14%, aspek sikap mengalami peningkatan sebesar 48,49%, aspek kompetensi mengalami peningkatan sebesar 25%, dan aspek konteks mengalami peningkatan sebesar 24,27%. Simpulan: (1) LKM dengan model PjBLhasil pengembangan yakni Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan dan Hewan,  Interaksi dalam Ekosistem, dan Metabolisme pada Tubuh Manusia. (2) LKM PjBL hasil pengembangan layak digunakan. (3) LKM PjBL dapat meningkatkan literasi sains secara berurutan dari yang paling tinggi sampai yang paling rendah yakni aspek pengetahuan, sikap, kompetensi, dan konteks.

Keywords

PjBL LKM literasi sains IPA Pendidikan Dasar

Article Details

How to Cite
Winarni, E. W., & Koto, I. K. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) dengan Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Perkuliahan IPA Pendidikan Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 134–144. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.13875

References

  1. Abidin, Y, Mulyati, T & Yunansah, H., (2017), Pembelajaran Literasi, Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Afriana, Dkk. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 2016 – 209.
  3. Erdogan, N., Navruz, B., Younes, R., & Capraro, R. M. (2016). Viewing how STEM project-based learning influences students’ science achievement through the implementation lens: A latent growth modeling. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(8), 2139–2154. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1294a
  4. Handayani, (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 5.
  5. Khanafiah, S & Yulianti, D., (2013), Model Problem Based Instruction Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, ISSN 1693-1246, 41.
  6. OECD. 2016. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. [Online]. Tersedia: https://www.mecd.gob.es/dctm/inee/internacional/pisa-2015-frameworks.pdf (6 Mei 2017).
  7. Subaidah, T, Muharrami, L.K, Rosidi, I & Ahied, M., (2019), Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Konteks Dan Knowledge Menggunakan Cooperative Problem Solving (CPS) Dengan Strategi Heuristik, Jurnal Natural Science Education Reseach, 2(2), 121.
  8. Tinenti, Yanti Rosinda. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP). Yogyakarta: Deepublish.
  9. Winarni, E. W, 2012. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: FKIP UNIB.
  10. Winarni, E.W dan Purwandari, E.P. 2018. Disaster Risk Reduction for Earthquake Using Mobile Learning Application to Improve the Students Understanding in Elementary School. Meditarranean Journal of Social Sciences, Vol 9 (2) March 2018 , ISSN 2039-9340 (print) ISSN 2039-2117 (online). https://doi.org/10.2478/mjss-2018-0040
  11. Winarni, E.W, 2011. Penelitian Pendidikan, Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB.
  12. Winarni, E.W, Wachidi, Lukman, dan Noperman, F. 2016. Value Clarification approach in scouting education integrated disaster preparadness for social care attitude improvement in elementary school.InternationalConference on Education.Technology, and Sciences Jambi.Conference proceeding (ICETS). ISBN: 978-602-71682-1-3 hal.263-270 Nov. 2-3 2016.
  13. Winarni, E.W. 2015. Pengaruh Strategi dan Metode Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA, Berpikir Kritis, dan Sikap Ilmiah Siswa kelas 5 SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan di Hotel Rafles Bengkulu.ISBN: 978-602-8043-48-9 tanggal 4 Mei 2015.
  14. Winarni, E.W. 2018. Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Bengkulu: FKIP Unib Press.
  15. Winarni, E.W; 2016b. The Influence of a Natural Exploration Approach to Environmental care Attitudes and Understanding of the Re-Duce, Re-Use, and Re-cycle Principle for Primary School Students, Volume 1 2016 ISSN: 1925-6752 http://eco-thinking.org/index.php/journal/article/view/18. Eco-thinking Jurnal United Nations University.
  16. Winarni, E.W; Purwandari, E.P; Lusa, H; and Dadi, S. 2018. The Impact of Thematic Learning Integrated ICT in Tabot Bengkulu As Cultural Ceremony Toward Social Interaction Knowledge in Elementary School. Asian Journal of Education and Training 4.2 (2018): 70-74. https://doi.org/10.20448/journal.522.2018.42.70.74
  17. Yuliati, Yuyu. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA.Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No. 2.[Online]. Tersedia: jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/592/565 (29 November 2017).