Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan prestasi belajar Pancasila serta ketertanaman karakter pada diri mahasiswa dan mendekripsikan strategi yang paling tepat dilakukan melalui pembelajaran model delikan, dan CTL. Metode pendekatan menggunakan kaji tindak latar kelas atau clasroon action reserch . Penelitian  ini dilaksanakan di kelas 1A PGSD FKIP UNIB TA 2019/2020 dengan menggunakan sistem siklus.  Setiap siklusnya terdiri atas beberapa tahapan yaitu: (1) Perencanaan (planning); (2)  Pelaksanaan tindakan (action); (3) Pengamatan (observation); dan (4) Refleksi (reflection), Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi ,Tes Hasil Belajar, Wawancara. Metode Analisis Data dengan penilaian acuan patokan (PAP), analisa data hasil sebelum dan sesudah perlakuan/treatment digunakan statistik mean serta data yang tidak bisa dianalisa dengan rumus statistik akan dinarasikan kemudian diberi argumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dapat ditingkatkan dari rata-rata hasil belajar kelas 66,60 menjadi 83 serta terjadi ketertanaman karakter kedalam diri mahasiswa. Rata-rata skor hasil ceklis pengamatan perubahan karakter mahasiswa atas nilai-nilai yang terkandung dalam materi pembelajaran pada siklus 2 jauh lebik daripada pada siklus 1, dimana rata-rata skor pada siklus 1 sebesar 66,25 dan rata-rata skor pada siklus 2 sebesar 80,06. Peningkatan ini terjadi setelah mahasiswa diajak menggali nilai yang terkandung dalam materi yang dipelajari juga diajak untuk mamantau keterbiasaan melakukan, dan mengkaji dengan cara mengemukakan pertanyaan apa, mengapa, bagaimana, siapa, dimana dan kapan dilakukan serta kemana harus dipertanggungjawabkan serta dilakukan secara terus menerus.

Keywords

Delikan CTL Karakter prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Juarsa, O. J., & Djuwita, P. D. (2020). Penerapan Model Delikan dan CTL untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pancasila dan Pengembangan Karakter Mahasiswa PGSD FKIP Unib. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 157–168. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14103

References

  1. Bandura, A., 1982b. Self-efficay mecahanism of agenscy. American Pschologist, 37, 122-147.
  2. Coopersmith, S dan Ronald Feldman, 1983, Fostering a Positive Self-Concept and High Self-Esteem in The Clasroom, New York: Harper and Row Publishers.
  3. Dharma Kesuma, dkk., 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Kampus, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Gagne, R.M., 1985. The Condition of Learning , New York:
  5. Gagne, R.M. and Briggs, L.J., 1979. Principles of Instructional Design, new York: Holt, Rinerhart, and Winston.
  6. Mc. Taggart R., 1993, Action Research a Shot Modern History, Victoria : Deakin University Press
  7. Muhamad Numan Somantri, 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan Pancasila, Bandung: Rosda Karya.
  8. Nana Sudjana & Daeng Arifin, 1988, Cara Belajar Mahasiswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru
  9. Nur’ani, 1997, Intervensi Dini Bagi Anak Bermasalah, Jakarta, PT Rineka Cipta.
  10. Oja S.N. & Smulyan L., 1989, Collaborative Action Research: a Developmental Approach, London: The Falmer Press
  11. Robert D. Carpenter MD, 1991, Cerdas : Cara Mengatasi Problema Belajar, Semarang: Dahara Prize
  12. Rochmat Wahab dan Solehuddin, 1999, Perkembangan dan Belajar Peserta Didik, Jakarta : Departemen pendidikan dan
  13. Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Dosen Kampus Dasar
  14. Savage, Tom V. And Amstrong, David G, 1996. Effective Elementary Social Studies, New Jersey : Prentice Hall
  15. Sri Anitah & Noorhadi, 1990, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Penerbit Karunia Jakarta Universitas Terbuka.
  16. Sunaryo Karta Dinata dkk, 1999, Bimbingan di Kampus Dasar, Jakarta : Departemen pendidikan dan Kebudayaan Direktorat
  17. Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Dosen Kampus Dasar
  18. Tanck, Marlin L, 1969. Teaching Concepts, Generalizations, and Construct in Social Sudies Curriculum development: Prospect and Problems by Dorothy McClure Fraser, NCSS Wasshington.