Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL  terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Tematik muatan pelajaran IPA peserta didik kelas V SD Negeri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan ialah quasy experiment. Desain pada penelitian ini yaitu The Matching Only Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD Negeri Gugus I Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara terakreditasi A. Sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VC SDN 009 Bengkulu Utara berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen, dan SDN 016 Bengkulu Utara berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis terdiri atas dimensi kemampuan berpikir lancar (fluency), kemampuan berpikir luwes (flexibility), kemampuan berpikir orisinil (originality), kemampuan berpikir merinci (elaboration), dan kemampuan berpikir menilai (evaluation). Untuk mendeskripsikan proyek pop up book menggunakan lembar observasi tahapan proses dan tahapan hasil proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik muatan pelajaran IPA peserta didik kelas V SD Negeri. Penelitian ini juga menghasilkan proyek pop up book dua dimensi dengan baik sehingga berpengaruh terhadap dimensi kemampuan berpikir lancar (fluency), kemampuan berpikir luwes (flexibility), kemampuan berpikir orisinil (originality kemampuan berpikir merinci (elaboration), kemampuan berpikir menilai (evaluation).

Keywords

Model Pembelajaran Project Based Learning Berpikir Kreatif IPA

Article Details

How to Cite
Febriyanti, A. F., Susanta, A. S., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 176–183. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14130

References

  1. Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
  2. Arisanti, W. O., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa SD melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 82-95.
  3. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  4. Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 241 - 251.
  5. Ngalimun. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja pressindo.
  6. Permendiknas No 41 tahun 2007. Tentang Standar Proses.
  7. Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Presntatif dalam Memahami Peserta didik. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  8. Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up BookPada Materi Minyak Bumi.Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 107-113.
  9. Siregar, E., & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
  10. Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
  11. Sulaeman, M. (2016). Aplikasi Project Based Learning (PBL) untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa . Jawa Barat: Bioma.