Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran, sikap rasa ingin tahu, dan peduli lingkungan/kesehatan menggunakan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan IPA Pendidikan Dasar semester I pada Prodi S-2 Pendidikan Dasar FKIP UNIB Tahun 2018/2019 yang berjumlah 33 mahasiswa. Instrumen penelitian lembar pengamatan (observation) keterlaksanaan pembelajaran, sikap rasa ingin tahu, dan peduli lingkungan/kesehatan. Analisis data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, sikap rasa ingin tahu, dan peduli lingkungan/kesehatan dilakukan secara deskriptif. Hasil yang dicapai yaitu: (1) enam langkah pembelajaran menggunakan model diskoveri learning dapat dilaksanakan dengan baik. (2) persentase sikap rasa ingin tahu pada siklus I sebesar 53,54% meningkat menjadi 72,73% pada siklus II, dan meningkat menjadi 90,91% pada siklus III. (3) persentase sikap peduli lingkungan/kesehatan pada siklus I sebesar 57,58% meningkat menjadi 60,61% pada siklus II, dan meningkat menjadi 87,88% pada siklus III. Simpulan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, sikap rasa ingin tahu, dan peduli lingkungan/kesehatan mahasiswa S-2 Pendidikan Dasar FKIP Unib dalam perkuliahan IPA Pendidikan Dasar. Saran yang diberikan kepada guru dan atau peneliti selanjutnya sebagai berikut: (1) dalam menerapkan model Discovery Learning kunci utama dari sintaks adalah tahap stimulasi karena dapat berdampak pada efektifnya langkah diskoveri learning selanjutnya. (2) Kepada peneliti selanjutnya dan praktisi di SD disarankan menerapkan model diskoveri learning, karena dapat berkontribusi dalam mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan IPA di Sekolah Dasar.

Keywords

Rasa Ingin Tahu Peduli Lingkungan/Kesehatan Model Discovery Learning

Article Details

How to Cite
Winarni, E. W. (2019). Peningkatan Sikap Rasa Ingin Tahu dan Peduli Lingkungan dan Kesehatan Menggunakan Model Discovery Learning pada Mahasiswa S-2 Pendidikan Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 22–34. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8674

References

  1. Acedo, C and Hughes. C, (2014), Principles For Learning And Competences In The 21st-Century Curriculum, Journal Springer, 44: 503-525.
  2. Ameliah, I.H., Munawaroh, M., & Muchyidin, A., (2016) Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon, EduMa, 5 (1): 9-21. Tersedia: http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/598. diunduh tanggal 11 November 2018.
  3. Fauzi A R, Zainuddin., dan Atok R.Al., (2017), Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS P-ISSN 2503-1201 | E-ISSN 2503-5307 © FIS, Universitas Negeri Malang 2017 http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/ diunduh tanggal 12 November 2018.
  4. Ulum, D. F, Maridib., & Yudi R, (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, (Online), 7 (2): 68-79, tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/download/7373/5147 diunduh tanggal 11 November 2018.
  5. Winarni, E W. 2018b. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Winarni, E W, 2018a. Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: FKIP UNI Press. ISBN 978-602-8043-73-1.
  7. Winarni, E W., 2012. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: FKIP UNIB. ISBN: 978-602-8043-29-8.
  8. Winarni, E.W; Purwandari, E.P; Lusa, H; and Dadi, S., (2018), The Impact of Thematic Learning Integrated ICT in Tabot Bengkulu As Cultural Ceremony Toward Social Interaction Knowledge in Elementary School. Asian Journal of Education and Training 4.2 (2018): 70-74.