Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu

Deliza Septika Triani(1), Endang Widi Winarni(2), Abdul Muktadir(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel penelitian adalah SDN 78 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini berupa angket sikap peduli lingkungan dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian sikap peduli lingkungan siswa ini menunjukkan hasil Uji-t dengan t hitung 0,70 dan nilai t hitung hasil belajar IPA siswa 3,83. Adapun nilai t tabel dengan taraf signifikan ?= 5% pada sampel sebesar 2,00. Karena pada kedua variabel sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA t hitung> t tabel , maka dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu.

Keywords


Model Pembelajaran PBL;Sikap Peduli Lingkungan;Hasil Belajar IPA.

Full Text:

PDF

References


Ayunengsih, D, dkk. 2017. Pengaruh Model Problem based learning dan kematangan terhadap prestasi prestasi belajar siswa. Bengkulu : Teknologi Pendidikan

Badarudin. 2018. Peningkatan Sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA menggunakan model Problem based learning berbasis literasi pada subtema lingkungan tempat tinggalku dikelas IV MI Muhammadiyah keramat. Purwokerto : Pendidikan Dasar Indonesia

Djuandi, D. 2016. Pengaruh Pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap siswa pada lingkungan. Subang : Jurnal Pendidikan Geografi.

Hazami, dkk. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan sikap peduli lingkungan dengan metode Hypotecing pada materi pencemaran. Semarang : Jurnal pendidikan IPA

Indriwati, A, Dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis masalah dengan bahan ajar berorientasi sumber daya peraiaran terhadap karakter peduli lingkungan dan hasil belajar IPA. Semarang : FMIPA UNNES

Novialistwati, T, dkk. 2018. Penerapan Model Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada subtema pelestarian sumber daya alam indonesia. Subang : Didaktik

Prihatini, E, dkk. 2017. Pengaruh model Problem based learning dan PJBL terhadap hasil belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa SMA N 2 Kota Tebing Tinggi. Medan : Prodi S2 Biologi USU

San, S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sains siswa SD. NTT : STKIP Citra Bakti Ngada.

Syafriana, D. 2017. Penerapan model Problem based learning (PBL) dalam peningkatan saintifict untuk meningkatakan hasil belajar IPA kelas V SDN 63 Surabaya. Jakarta : Prodi Pendas UNJ

Winarni, W. E. 2016. Pengaruh Pelaksanaan Program Pengurangan Resiko Bencana Terintegrasi Menggunakan Model Problem based learning Berbasis ICT bagi siswa kelas IV SDIT IQRA’ Di Kota Bengkulu. Bengkulu : FKIP UNIB


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.