Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel penelitian adalah SDN 78 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini berupa angket sikap peduli lingkungan dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian sikap peduli lingkungan siswa ini menunjukkan hasil Uji-t dengan t hitung 0,70 dan nilai t hitung hasil belajar IPA siswa 3,83. Adapun nilai t tabel dengan taraf signifikan ?= 5% pada sampel sebesar 2,00. Karena pada kedua variabel sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA t hitung> t tabel , maka dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu.

Keywords

Model Pembelajaran PBL Sikap Peduli Lingkungan Hasil Belajar IPA.

Article Details

How to Cite
Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677

References

  1. Ayunengsih, D, dkk. 2017. Pengaruh Model Problem based learning dan kematangan terhadap prestasi prestasi belajar siswa. Bengkulu : Teknologi Pendidikan
  2. Badarudin. 2018. Peningkatan Sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA menggunakan model Problem based learning berbasis literasi pada subtema lingkungan tempat tinggalku dikelas IV MI Muhammadiyah keramat. Purwokerto : Pendidikan Dasar Indonesia
  3. Djuandi, D. 2016. Pengaruh Pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap siswa pada lingkungan. Subang : Jurnal Pendidikan Geografi.
  4. Hazami, dkk. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan sikap peduli lingkungan dengan metode Hypotecing pada materi pencemaran. Semarang : Jurnal pendidikan IPA
  5. Indriwati, A, Dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis masalah dengan bahan ajar berorientasi sumber daya peraiaran terhadap karakter peduli lingkungan dan hasil belajar IPA. Semarang : FMIPA UNNES
  6. Novialistwati, T, dkk. 2018. Penerapan Model Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada subtema pelestarian sumber daya alam indonesia. Subang : Didaktik
  7. Prihatini, E, dkk. 2017. Pengaruh model Problem based learning dan PJBL terhadap hasil belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa SMA N 2 Kota Tebing Tinggi. Medan : Prodi S2 Biologi USU
  8. San, S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sains siswa SD. NTT : STKIP Citra Bakti Ngada.
  9. Syafriana, D. 2017. Penerapan model Problem based learning (PBL) dalam peningkatan saintifict untuk meningkatakan hasil belajar IPA kelas V SDN 63 Surabaya. Jakarta : Prodi Pendas UNJ
  10. Winarni, W. E. 2016. Pengaruh Pelaksanaan Program Pengurangan Resiko Bencana Terintegrasi Menggunakan Model Problem based learning Berbasis ICT bagi siswa kelas IV SDIT IQRA’ Di Kota Bengkulu. Bengkulu : FKIP UNIB