Studi Deskriptif Bentuk Permainan Kegiatan Kepramukaan dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Kerjasama dan Tolong Menolong pada Interaksi Sosial Siswa SD Negeri 68 Kota Bengkulu

Ferian Tri Cahyo(1), Puspa Djuwita(2), Wasidi Wasidi(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Permainan kepramukaan adalah salah satu bentuk kegiatan berkelompok yang dapat digunakan sebagai pengisi kegiatan latihan kepramukaan di sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan interaksi sosial siswa. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembina, asisten pembina dan anggota pramuka SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui ketekunan pengamatan, analisis kasus negatif dan member check. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, permainan yang mengembangkan interaksi sosial adalah permainan berkelompok. Kesimpulan, bentuk permainan yang mengembangkan interaksi sosial yaitu picture puzzle, memarkirkan kendaraan, dan estafet air. Sikap tanggung jawab siswa terlihat saat melaksanakan aturan bermain secara konsisten dan melaksanakan tugas dengan baik. Sikap kerjasama siswa terlihat dari kegiatan usaha bersama siswa dalam menyelesaikan permainan. Dan sikap tolong menolong siswa terlihat saat siswa saling aktif membantu dalam proses menyelesaikan permainan.

Keywords


permainan kepramukaan;interaksi sosial.

Full Text:

PDF

References


Andarbeni, Sari Lisdian, 2013, Studi Tentang Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok A Dalam Kegiatan Metode Proyek Di Tk Plus Al-Falah Pungging Mojokerto, Jurnal Bk Unesa, Volume 04 Nomor 01, Hal 285-292.

Harahap, Rivai, 2003, Petunjuk Praktis Acara Latihan Mingguan Perindukan Siaga, Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Khamadi, 2015, Penanaman Pendidikan Karakter Pramuka Kepada Remaja Dalam Kajian Komunikasi Visual, Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, Volume 01 Nomor 01, Hal 55-70.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2017. ImplementasiKurikulum 2013: Konsep Dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Mahardika, Esti Kurniawati, 2014, Peningkatan Perilaku Sosial Anak Melalui Permainan Tardisional Jawa, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 8 Edisi 2, Hal 257-268

Nur, Haerani, 2013, Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional, Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 03 Nomor 01, Hal 87-94.

Santosa, Slamet. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono, 2007, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2007, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triharso, Agung, 2013, Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini, Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.