Pengaruh Strategi Polya terhadap Kemampuan Proses dalam Literasi Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu

Igit Setiono(1), Agus Susanta(2), Abdul Muktadir(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Polya terhadap kemampuan
proses dalam literasi matematika materi bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah
kuasi eksperimen dengan menerapkan the matching only pretest-posttest control group design.
Sampel penelitian yang diperoleh adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri 68 Kota Bengkulu.
Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis berupa tes uraian materi bangun ruang yang dapat
mengukur kemampuan literasi Matematika pada komponen proses. Analisis data hasil penelitian ini
menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan strategi Polya terhadap kemampuan konten dalam literasi Matematika materi
bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu.


Keywords


Strategi Polya;Bangun Ruang;Kemampuan proses;Literasi Matematika.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y.; Mulyati, T. dan Yunansah, H. 2017. Pembelajaran Literasi (Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Puji. 2018. Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpkir Tingkat Tinggi. PRISMA, PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA. PRISMA 1 Hal. 263-268. Diunduh pada tanggal 12 April 2018 melalui https://scholar.google.co.id/.

Budi, Wono Setya. 2005. Langkah-langkah awal menuju ke Olimpiade Matematika. Jakarta: Ricardo.

Hidayati, Anisatul. 2015. Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di Sma Negeri 5 Kediri. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA. Volume 01 Nomor 02. Diunduh pada tanggal 20 April 2018 melalui https://scholar.google.co.id/

Karso. 2014. Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Muhsetyo, Gatot. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Purwanto, M.N. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Putri, N.A.S. 2015. Pengaruh Strategi Polya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 03 Nomor 02. Diunduh pada tanggal 24 Maret 2018 melalui https://scholar.google.co.id/

Rakyat Bengkulu. 2017. Kota tertinggi Kaur Terendah. Diunduh pada tanggal 20

Januari 2018 pukul 21:00 melalui web: http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/20 17/06/16/kota-tertinggi-kaur-terendah/

Suherman. E, Winataputra dan Udin, S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Matematika.

Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wardhani, S.; Purnomo, S.S.; Wahyuningsih, E. 2010. Pembelajaran Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jakarta: PPPPTK Matematika.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.