PERSIAPAN KEMAHIRAN BERBICARA FORMAL

Didi Yulistio

Abstract


Kegiatan berbicara dalam situasi resmi melibatkan audien dengan berbagai latar belakang pendidikan. Kegiatan berbicara ini merupakan proses berbahasa lisan dalam mengekspresikan pikiran dan perasaan, menyampaikan berbagai informasi tentang sesuatu, dan merefleksikan pengalaman pembicara. Tujuan kajian ini untuk mendeskripsikan beberapa aspek terkait persiapan kemahiran berbicara dalam forum formal/resmi. Untuk itu, seorang pembicara dalam forum ini perlu mempersiapkan diri yang baik khususnya berbagai kecakapan yang perlu dimiliki seperti melakukan observasi situasi, kondisi, dan toleransi sebelum kegiatan dilakukan. Secara umum, persiapan kemahiran berbicara mencakup persiapan aspek bahasa dan nonbahasa. Secara khusus, hal penting yang perlu dipersiapkan bagi seorang pembicara yang akan melakukan kegiatan berbicara formal, mencakup (1) persiapan pengetahuan atau pengalaman tentang materi yang akan disampaikan dan telah dimiliki pembicara, (2) persiapan sistematika atau organisasi urutan berbicara, (3) persiapan penguasaan unsur kebahasaan, dan (4) persiapan penyajian atau unsur nonkebahasaan.

Full Text:

PDF

References


Arsjad, Maidar G., dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Citrobroto, R.I. Suhartin. 1982. Prinsip-Prinsip dan Teknik Berkomunikasi. Jakarta: Bhatara Karya Aksara.

Ellis, Arthur (et.al). 1989. Elementary Language Arts Instruction. New Jersey: Prentice Hall.

Jumariam (Penyunting). 2000. Petunjuk Praktis Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Berbicara: Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Djago. 1996. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Yulistio, Didi. 2002. “Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Kegiatan Berbicara Formal di Muka Umum”, Materi Siaran Pembinaan Bahasa Indonesia di RRI Bengkulu. Bengkulu: Kerjasama UNIB-RRI Bengkulu.

Saddhono, Kundharu. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2460-9145

p-ISSN 2460-8734