Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi komprehensif Kinerja Guru Bahasa Indonesia Alumni Program Pascasarjana (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu pada aspek kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Bahasa Indonesia Alumni Program Pascasarjana (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Sampel ditetapkan secara acak sejumlah 30 orang lulusan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Kinerja Guru Bahasa Indonesia Alumni Program Pascasarjana (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu berada dalam kategori sangat baik. Pada aspek kompetensi pedagogik berada dalam skala 3,16, aspek kompetensi professional berada dalam skala 3,28, aspek kompetensi sosial berada dalam skala 3,45, dan aspek kompetensi kepribadian berada dalam skala 3,46. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru Bahasa Indonesia Alumni Program Pascasarjana (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu dapat meningkatkan kinerjanya lebih maksimal lagi.

Keywords

Kinerja Guru Alumni Program Pascasarjana Pend. Bahasa Indonesia UNIB

Article Details

Author Biographies

Suhartono Suhartono, Universitas Bengkulu

Dosen Tetap pada Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu

Gumono Gumono, Universitas Bengkulu

Dosen Tetap pada Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
  2. Dasuki, Achmad dkk. 2010. Sertifikasi Guru dalam Jabatan Buku 1 Pedoman penetapan peserta. Jakarta: Ditjen PMPTK.
  3. Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rodas Karya.
  4. Musarofah. 2008. Kinerja guru di MTS Al-Wathoniyah di Cilungup Duren Sawit- Jakarta Timur. Jakarta: Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
  5. Muslich, Mansur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  6. Samani, Muchlas dkk. 2010. Sertifikasi Guru dalam Jabatan Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi. Jakarta: Ditjen PMPTK.
  7. Samani, Muchlas dkk. 2010. Sertifikasi Guru dalam Jabatan Buku 3 Pedoman penyususnan Portofolio. Jakarta: Ditjen PMPTK.
  8. Samani Muchlas dkk. 2010. Sertifikasi Guru dalam Jabatan Buku 4 Petunjuk Teknis Sertifikasi untuk Guru. Jakarta: Ditjen PMPTK.
  9. Sujianto Agus Eko. 2007. Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk Pemula. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  10. Trianto dan Tutik Titik Triwulan. 2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi & Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  11. Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.