PENGEMBANGAN MODUL FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK

Septi Septi(1), Indra Sakti(2), Desy Hanisa Putri(3),
(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika dengan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan melalui lima tahapan yaitu potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan desain teruji. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket guru, lembar angket uji validasi tim ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika dengan pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan merupakan desain teruji karena mendapatkan  persentase total uji validitas sebesar 82,35%. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dengan penambahan petunjuk penggunaan modul, tujuan pembelajaran, kunci jawaban, materi, gambar, dan  produk yang dihasilkan pada setiap modul alat-alat optik maka telah dihasilkan modul fisika dengan pembelajaran berbasis proyek pada materi alat-alat optik di SMA. 

Kata Kunci: Modul Fisika, Pembelajaran Berbasis Proyek, Alat-Alat Optik, Penelitian Pengembangan. 

ABSTRACT

This research aimed to develop physics modules with project-based learning. This research was a developmental research conducted through five stages namely potential and problems, literature study and information gathering, product design, design validation, and tested design. The instruments used in this study were the observation sheet, teacher questionnaire sheet, questionnaire test validation team of experts and practitioners. The results showed that the physics modules developed with project-based learning were included in the very valid category and were tested designs because it obtained a total percentage of validity tests of 82.35%. Based on the results and discussion, with the addition of instructions for the use of modules, learning objectives, answer keys, material, images, and products produced on each module of optical devices, physics modules have been produced with project-based learning on material optical devices in high school.

Keywords: Physics Module, Project Based Learning, Optical Devices, Developmental Research.


Full Text:

PDF

References


Kinasih, A., Sunarno, W., dan Sukarmin, S., 2018, Pengembangan modul fisika dengan pendekatan keterampilan proses pada materi listrik dinamis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas X SMA, Inkuiri, No. 1, Vol. 7, hal. 29-38.

Wahyuni, H. I. dan Puspari, D., 2017, Pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 kompetensi dasar mengemukakan daftar urut kepangkatan dan mengemukakan peraturan cuti, Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen dan Keuangan, No. 1, Vol. 1, hal. 54-68.

Sumiati, A., Widyastuti, U., dan Sariwulan, T., 2017, Workshop pengembangan bahan ajar modul berdasarkan pendekatan saintifik kurikulum 2013 sebagai sumber pembelajaran guru SMK di Kabupaten Bekasi, Jurnal Pembelajaran Masyarakat Madani, No. 1, Vol. 1, hal. 86-95.

Jusmaya, A. dan Putra, E.E., 2017, Pengembangan bahan ajar bahasa inggris berorientasi project based learning berbasis ICT, Komposisi, No. 1, Vol. XVIII, hal. 179-96.

Hasanah, I., Sarwanto, S., dan Masykuri, M., 2018, Pengembangan modul suhu dan kalor berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA, Jurnal Pendidikan, No. 1, Vol. 3, hal. 38-44.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian & Pengembangan “Research and Development” untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik, Alfabeta, Bandung.

Dananjaya, U., 2015, Media Pembelajaran Aktif, NUANSA, Bandung.

Ulandari, F. S., Wahyuni, S., dan Bachtiar, R. W., 2018, Pengembangan modul berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gerak harmonis di SMAN Balung, Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 1, Vol. 7, hal. 15–21.

Hayati, S., Budi, A. S., dan Handoko, E. ,2015, Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), Volume IV, 49–54.

Sani, R. A., 2016, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Cemerlang, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.129-136

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office of Jurnal Kumparan Fisika

Gedung Dekanat FKIP Unib Lantai 2, Ruang Prodi Pendidikan Fisika
Jl. WR Supratman Kandang Limun, Bengkulu, 38122
email : jkf@unib.ac.id