Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif Sederhana. Subjek penelitian adalah peserta didik dan guru mata pelajaran fisika di kelas X SMAN 3 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian terhadap RPP, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dalam kategori “sangat baik” dengan skor rata- rata 3,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa analisis RRP dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi proses pembelajaran di SMAN 3 Kota Bengkulu telah berdasarkan standar kurikulum 2013.
Kata kunci: RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Pelaksanaan Pembelajaran Fisika, Evaluasi Pembelajaran
ABSTRACT
This research was aimed to describe the learning implementation lesson plan, process, and evaluation. The research method was the simple descriptive method. The subjects of the research were students and physics education teacher of class X SMAN 3 Bengkulu City. Furthermore, the data collection techniques were interview, questionnaire and documentation. The results showed that the evaluation of the lesson plan, process and its evaluation were “excellent” with 3.8 score obtained. Therefore, it could be concluded that lesson plan, process, and evaluation in SMAN 3 Bengkulu City was in line with the standards of curriculum 2013.
Keywords: RPP (Learning Implementation Plan), Process of Physics Learning, Learning Evaluation
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ernawati dan Safitri, R., 2017, Analisis kesulitan guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fisika berdasarkan kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, No. 2, Vol. 5, hal. 49-56.
- Mailani, E, 2007, Upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan pendamping (mentoring), Penelitian Tindakan Sekolah, 35-41.
- Sumarni, Afifah, N., dan Dahlia, 2015, Analisis kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan rencana pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X D SMS/sederajat sekecamatan Kepenuhan tahun pembelajaran 2015/2016, e-Journal Mahasiswa Prodi Biologi, No. 1, Vol. 2, hal. 1-5.
- Suryantari, D. K. dan Sumantri, M., 2016, Analisis kesenjangan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SD Negeri 4 Kaliuntu, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, No. 2, Vol. 49, hal. 1-12.
- Rusman, 2013, Seri Pembangunan Sekolah Bermutu, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua, Grafindo, Jakarta.
- Nurhamidah, S., Dantes, N., dan Lasmawan. W., 2014, Upaya peningkatan pengelolaan proses pembelajaran melalui pendampingan pada implementasi kurikulum 2013 terhadap guru - guru kelas I dan kelas IV. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4, hal. 1-11.
- Hadjar, I., 1999, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan, Persada, Jakarta.
- Usman, H. dan Akbar, P. S., 2009, Metodelogi Penelitian Sosial, PT Bumi Aksara, Jakarta.
- Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
- Kemendikbud, 2016, Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Kemendikbud, Jakarta.
- Shobirin, M., 2016, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, CV Budi Utama, Yogyakarta.
- Machin, A., 2014, Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), No. 1, Vol. 3, hal. 28-35.
- Kustijono, R. dan Wiwin, E., 2014, Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika SMK di Kota Surabaya, Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, No. 1, Vol. 4, hal. 1-14
References
Ernawati dan Safitri, R., 2017, Analisis kesulitan guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fisika berdasarkan kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, No. 2, Vol. 5, hal. 49-56.
Mailani, E, 2007, Upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan pendamping (mentoring), Penelitian Tindakan Sekolah, 35-41.
Sumarni, Afifah, N., dan Dahlia, 2015, Analisis kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan rencana pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X D SMS/sederajat sekecamatan Kepenuhan tahun pembelajaran 2015/2016, e-Journal Mahasiswa Prodi Biologi, No. 1, Vol. 2, hal. 1-5.
Suryantari, D. K. dan Sumantri, M., 2016, Analisis kesenjangan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SD Negeri 4 Kaliuntu, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, No. 2, Vol. 49, hal. 1-12.
Rusman, 2013, Seri Pembangunan Sekolah Bermutu, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua, Grafindo, Jakarta.
Nurhamidah, S., Dantes, N., dan Lasmawan. W., 2014, Upaya peningkatan pengelolaan proses pembelajaran melalui pendampingan pada implementasi kurikulum 2013 terhadap guru - guru kelas I dan kelas IV. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4, hal. 1-11.
Hadjar, I., 1999, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan, Persada, Jakarta.
Usman, H. dan Akbar, P. S., 2009, Metodelogi Penelitian Sosial, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Kemendikbud, 2016, Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Kemendikbud, Jakarta.
Shobirin, M., 2016, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, CV Budi Utama, Yogyakarta.
Machin, A., 2014, Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), No. 1, Vol. 3, hal. 28-35.
Kustijono, R. dan Wiwin, E., 2014, Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika SMK di Kota Surabaya, Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, No. 1, Vol. 4, hal. 1-14