Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman konsep dan hasil belajar pada konsep momentum dan impuls antara siswa yang diajar dengan model Quantum Learning dan siswa yang diajarkan dengan model Direct Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan tes pemahaman konsep dan hasil belajar berupa soal uraian pada konsep momentum dan impuls. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep dengan model Quantum Learning dengan rata-rata 80,45 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Direct Instruction dengan rata-rata 60,12 dan t hitung pemahaman konsep 9,71 yang lebih besar dari t tabel yaitu 1,67155 dan hasil belajar dengan model Quantum Learning menggunakan nilai rata-ratanya 80,61 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata 57,29 dengan t hitung hasil belajar 8.68 yang lebih besar dari t tabel pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan hasil belajar model Quantum Learning dengan model Direct Instruction sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model Quantum Learning terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas X.
Kata Kunci: Quantum Learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar
ABSTRACT
This research was to determine if there is or not an effect of understanding concepts and learning outcomes on the concepts of momentum and impulses between students taught with Quantum Learning Model and students taught with the Direct Instruction Model. This research was a quasi-experimental. The research sample was taken by purposive sampling technique, class of X MIPA 2 as the experimental class and class of X MIPA 3 as the control class. Retrieval of research data used tests of understanding concepts and learning outcomes in the form of questions describing the concepts of momentum and impulses. Data analysis used t-test. The results showed that understanding the concept with the Quantum Learning Model with an average of 80.45 was higher than that of students who took part in the Direct Instruction Model with an average of 60.12 and t calculated the understanding of the concept of 9.71 which was greater than ttable namely 1.67155 and learning outcomes with the Quantum Learning Model with an average value of 80.61 higher than the control class with an average of 57.29. Value of tcalculated of learning outcomes was 8.68 which greater than ttable at the confidence level of 95%. The results showed that there were differences in the understanding of the concepts and learning outcomes of the Quantum Learning model and the Direct Instruction model which meant that there was an effect of Quantum Learning Model on understanding of concepts and learning outcomes of tenth grade students.
Keywords: Quantum Learning, Understanding of Concepts, Learning Outcomes
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Triyanto, E., Anitah, S., dan Suryani, N., 2014, Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pemanfaatan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, No. 2, Vol. 1, hal. 226–238.
- Arifin, Z., Sudarti, dan Lesmono, A. D., 2016, Pengaruh model quantum learning disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika, Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 4, Vol. 4, hal. 365–370.
- Arikunto, S., 2015, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
- Deporter, B., 2003, Quantum Learning, Kaifa, Bandung.
- Herfinayanti, Amin, B. D., dan Aziz, A., 2016, Penerapan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa, Jurnal Pendidikan Fisika, No. 1, Vol. 5, hal. 61–74.
- Longman, A. W., 2014, Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. (L. W. Anderson & D. R. Krathwohl, Eds.), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- Haris, A. dan Jihad, A., 2014, Evaluasi Pembelajaran, Multi Presindo, Yogyakarta.
- Darmadi, H., 2014, Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Teori Konsep Dasar dan Implementasi), Alfabeta, Bandung.
- Deporter, B., dan Hernacki, M., 1992, Quantum Learning : Membiasakan Belajar dan Menyenangkan, Kaifa, Bandung.
- Indrasati, H., Indrawati, dan Supriadi, B., 2014, Pengaruh Model Quantum Teaching Disertai LKS Berbasis Kartun Fisika terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 1, Vol. 5, hal. 30–35.
References
Triyanto, E., Anitah, S., dan Suryani, N., 2014, Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pemanfaatan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, No. 2, Vol. 1, hal. 226–238.
Arifin, Z., Sudarti, dan Lesmono, A. D., 2016, Pengaruh model quantum learning disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika, Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 4, Vol. 4, hal. 365–370.
Arikunto, S., 2015, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
Deporter, B., 2003, Quantum Learning, Kaifa, Bandung.
Herfinayanti, Amin, B. D., dan Aziz, A., 2016, Penerapan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa, Jurnal Pendidikan Fisika, No. 1, Vol. 5, hal. 61–74.
Longman, A. W., 2014, Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. (L. W. Anderson & D. R. Krathwohl, Eds.), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Haris, A. dan Jihad, A., 2014, Evaluasi Pembelajaran, Multi Presindo, Yogyakarta.
Darmadi, H., 2014, Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Teori Konsep Dasar dan Implementasi), Alfabeta, Bandung.
Deporter, B., dan Hernacki, M., 1992, Quantum Learning : Membiasakan Belajar dan Menyenangkan, Kaifa, Bandung.
Indrasati, H., Indrawati, dan Supriadi, B., 2014, Pengaruh Model Quantum Teaching Disertai LKS Berbasis Kartun Fisika terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 1, Vol. 5, hal. 30–35.