Main Article Content

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk  menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (quasi experiment design). Pengambilan sampel berdasarkan teknik sampling purposive yang diperoleh siswa kelas X MIPA 1 ( N = 30) sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan siswa kelas X MIPA 3 (N = 30) sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data men ggunakan tes untuk hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis Uji-t dua sampel independen melalui nilai rata-rata posttest hasil belajar yaitu thitung > ttabel (1,96 > 1,71). Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar. 

Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar 

ABSTRACT 

This research aimed to explain the effect of applying based learning models Problem Based Learning to student learning outcomes. The type of research was experimental research (quasi experiment design). The sampling was based on purposive sampling technique obtained by students of class X MIPA 1 (N = 30) as an experimental class that applied learning with the model Problem Based Learning and students of class X MIPA 3 (N = 30) as a control class that applied conventional learning. Data collection techniques used tests for learning outcomes. Based on the results of the t-test analysis of two independent samples through the average value of posttest learning outcomes, namely tcount > ttable (1.96> 1.71), it was concluded that there was an effect of learning using the model Problem Based Learning of learning outcomes. 

Keywords: Problem Based Learning Model, Learning Outcomes

Article Details

How to Cite
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176

References

  1. Warimun, S. E., Arifah, A., dan Hamdani, D., 2016, Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas X pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu, Jurnal Pendidikan Eksata, No. 1, Vol. 1, hal. 14-19.
  2. Mulyasa, E., 2015, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
  3. Hastuti, A., Sahida, H., dan Gunawan, 2016, Pengaruh model PBL berbanrtuan media virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, No. 3, Vol. 2, hal.129-135
  4. Aziz, A., Rokhmat, J., dan Kosim, 2015, Pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, No. 3, Vol. 1, hal. 200-204.
  5. Gagne, 1992, Belajar dan Pembelajaran Sains, Reka Cipta, Jakarta.
  6. Kemendikbud, 2014, Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014, Kemendikbud, Jakarta.
  7. Hosnan, 2014, Pendekatan Saintifik dan Kontektual Dalam Pembelajaran Abad 21, Ghalia Indonesia, Bogor.
  8. Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
  9. Agusmin, R., Nirwana, dan Rohadi, N., 2018, Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan model problem based learning berbantuan simulasi phet di kelas XI IPA-C SMAN 6 Kota Bengkulu, Jurnal Kumparan Fisika, No. 2, Vol. 1, hal. 53-59.
  10. Wisudawati, A. W. dan Sulistyowati, E., 2014, Metodologi Pembelajaran IPA, Bumi Aksara, Jakarta.