Main Article Content

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada konsep usaha dan energi melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA.4 SMA Negeri 08 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, lembar angket untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa, lembar tes untuk mendeskripsikan hasil belajar usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata sikap ilmiah pada siklus I sebesar 64,54 (kriteria baik), pada siklus II sebesar 66,23 (kriteria sangat baik), dan pada siklus III sebesar 67,37 (kriteria sangat baik).Nilai rata-rata hasil belajar konsep usaha dan energi pada siklus I sebesar 77,71 dengan ketuntasan belajar 88,57%, pada siklus II sebesar 83 dengan ketuntasan belajar 94,28%, dan pada siklus III 90,28 dengan ketuntasan belajar 100%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar pada konsep usaha dan energi.

Kata kunci: Sikap Ilmiah, Hasil Belajar usaha dan energi, Model Learning Cycle 5E, Pendekatan Saintifik 

ABSTRACT 

This research was aimed to improve scientific attitudes and student’s learning outcomes on work and energy concept with the implementation of Learning Cycle 5E with a scientific approach. The subjects of the research were students of XI MIA.4 SMA Negeri 08 Bengkulu city. The instruments used were the observation sheet to describe the activities of teacher and students, questionnaire to describe students' scientific attitudes, and test sheet to describe learning outcomes of work and energy. The results showed that the average score of scientific attitudes in cycle I was 64,54 (good criteria), in cycle II was 66,23 (very good criteria), and at cycle III was 67,37 (very good criteria).The average value of the learning outcomes of work and energy concepts in the first cycle of 77.71 with learning mastery 88.57%, on the second cycle of 83 with 96.28% learning mastery, and on the third cycle 90.28 with 100% complete learning mastery. It was concluded that learning with the application of 5E learning cycle model with scientific approach can improve the scientific attitudes and learning outcomes on work and energy concepts. 

Keywords: Scientific Attitudes, Learning Outcomes, Work And Energy Concepts, Learning Cycle 5E Model, Scientific Approach.

Article Details

How to Cite
Daulay, S., Hamdani, D., & Putri, D. H. (2019). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 137–144. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.137-144

References

  1. Wisudawati, A. W. dan Sulistyowati, E., 2014, Metodologi Pembelajaran IPA, Bumi Aksara, Jakarta
  2. Sayuti, I., Rosmaini, S., Andayannhi, S., 2012, Penerapan model pembelajaran learning cycle 5e untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Pekanbaru, Jurnal Pendidikan, No 1, Vol 3, hal. 1-11
  3. Daryanto dan Karim, S., 2017, Pembelajaran Abad 21, Gava Media, Yogyakarta.
  4. Wahyuni, T. M., Sarwanto, dan Sunarno, W., 2016, Pembelajaran ipa dengan pendekatan saintifik menggunakan model learning cycle dan discovery learning ditinjau dari aktivitas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, No 1, Vol 2, hal. 1-11.
  5. Amaliyah, R., Zubaidah, S., dan Lestari, U., 2016, Penerapan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan peta konsep untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Malang, Jurnal-online UM Pendidikan Hayati, No 1, Vol 1, hal. 1-12.
  6. Sari, S. P., Risdawati, R., dan Susanti, D., 2015, Pengaruh penerapan pendekatan saintifik denga menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-e terhadap hasil belajar ipa siswa kelas VII SMPN 12 Padang, Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat.
  7. Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, PT Asdi Mahasatya, Jakarta.
  8. Yulasti, N. I., Rohadi, N., dan Putri, D.H., 2018, Peningkatan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep melalui model learning cycle 5e berbantuan virtual lab pada materi usaha dan energi, Jurnal Kumparan Fisika, No 3, Vol 1, hal. 76-82.
  9. Wena, M., 2014, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara, Jakarta.
  10. Wijaya, S. A., Medriati, R., dan Swistoro, E. 2018. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika dan sikap ilmiah siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu, Jurnal Kumparan Fisika, No 3, Vol 1, hal. 28-35.
  11. Fadilah, S., Purwanto, A., Risdianto, E., 2018, Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkat sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada konsep alat-alat optik kelas XI SMAN 1 Mukomuko, Jurnal Kumparan Fisika, No 2, Vol 1, hal. 8-14.