Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman guru mengenai pelaksanaan belajar dari rumah di taman kanak-kanak Se-Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitianan ini adalah seluruh guru taman kanak-kanak Se-Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam Sumatera Selatan. Objek penelitian ini berupa pemahaman guru mengenai pelaksanaan belajar dari rumah. Metode pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Hasil penelitian ini secara umum menunjukan bahwa pemahaman guru mengenai pelaksanaan belajar dari rumah di taman kanak-kanak dalam kategori sangat paham. Pemahaman guru mengenai konsep belajar dari rumah yaitu tergolong sangat paham. Pemahaman guru mengenai perencanaan belajar dari rumah tergolong sangat paham. Pemahaman guru mengenai metode belajar dari rumah tergolong sangat paham.Pemahaman guru mengenai pelaksanaan belajar dari rumah tergolong paham. Pemahaman guru mengenai penilaian belajar dari rumah tergolong paham. Oleh karena itu disaranakan kepada kepala sekolah memperhatikan penyediaan sarana dan prasarana sekolah yang lebih lengkap guna mendukung perkembangan belajar dari rumah di taman kanak-kanak dan menerapkannya dengan baik pada proses pembelajaran di taman kanak-kanak.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Emillia Sari Ayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Anderson, L. . & K. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing:A revision of Bloom’s taxonomy of educational Objectives. Longma.
- Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif.Jakarta: Bumi Aksara.
- Baharudin. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
- Momon Sudarma. (2021). Daring Duraring Belajar Dari Rumah. Startegi Jitu Guru, Orang Tua, dan Siswa di Masa Pandemi (M. R. Pranata (ed.)). Jakarta: PT Alex Media Komoutindo.
- Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (D. Ruswandi (ed.)). Bandung:Alfabeta, CV.
- Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 58. (2009). tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
- Sugiyono. (2013). Reliabilitas Dan Validitas. (P. 125). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- . (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta, CV.
- . (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:(Alfabeta (ed.)).
- . (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV Surat Edaran Kemendikbud Dikti No.1. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021.
- Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.4. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19.
References
Anderson, L. . & K. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing:A revision of Bloom’s taxonomy of educational Objectives. Longma.
Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif.Jakarta: Bumi Aksara.
Baharudin. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
Momon Sudarma. (2021). Daring Duraring Belajar Dari Rumah. Startegi Jitu Guru, Orang Tua, dan Siswa di Masa Pandemi (M. R. Pranata (ed.)). Jakarta: PT Alex Media Komoutindo.
Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (D. Ruswandi (ed.)). Bandung:Alfabeta, CV.
Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 58. (2009). tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono. (2013). Reliabilitas Dan Validitas. (P. 125). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta, CV.
. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:(Alfabeta (ed.)).
. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV Surat Edaran Kemendikbud Dikti No.1. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.4. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19.