Journal Description

PENA PAUD : Jurnal penelitian multidisiplin anak usia dini yang diterbitkan pertama kali pada bulan Desember 2020 oleh Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Jurnal PENA PAUD terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). Artikel yang diterbitkan merupakan artikel hasil penelitian tentang pendidikan anak usia dini yang berkaitan dengan layanan pendidikan dan masyarakat. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai dibidang layanan pendidikan yang belum pernah dipublikasikan pada media cetak dan online lainnya.
PENA PAUD : Jurnal pendidikan anak usia dini, berisi berbagai kegiatan staf pengajar sebagian besar universitas di Indonesia dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Implementasi kegiatan layanan juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pelayanan diorganisasikan menjadi kegiatan yang bertujuan meningkatkan keilmuan pendidikan anak usia dini.


PENA PAUD
Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu 38371 A
Telp/Fax (0736) 21170
Email : penapaud@unib.ac.id
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/penapaud/index

Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL PENA PAUD

The journal PENA PAUD is a scientific journal published by the national early childhood education university Bengkulu containing the results of the study are lifted off the theory and research in early childhood education. The journal pen PAUD rising twice a year, in June and December. The purpose of these journals is to facilitate scientific publication that is the results of research conducted by students, teachers, academics, and researchers. The journal PENA PAUD contains interdisciplinary early childhood education especially in the sphere of child development, early childhood education learning, early childhood education policy, childhood problems early, health in early childhood education, early childhood nutrition for parenting, and education

Published: June 29, 2024

Permasalahan Pada Anak Yang Memiliki Keterlambatan Dalam Berbicara

Rahmatika Dewi (1), Zulfa Thayyibah (2), Hijriati (3)
(1) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry ,
(2) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry ,
(3) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
11-20
20

Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

(Quasi Eksperimen di Kelompok B2 RA Persis 180 Miftahul Jannah Kec. Andir Kota Bandung)

Siti Farida (1), Aam Kurnia (2), Syam’iyah (3)
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung ,
(2) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung ,
(3) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
48-62
3

Strategi Guru dalam Mengembangkan Literasi dan Numerasi Melalui Pembiasaan Pagi pada Kelompok B (5-6 Tahun) di TK Nailul Maram Jember

masidah mu'in (1), Misyana (2), niesa (3)
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember ,
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember ,
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember
21-28
22

Peningkatan Peningkatan Sosial dan Emosional Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B di TK Falasifa Surabaya

Peningkatan Sosial dan Emosional Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B di TK Falasifa Surabaya

Indaria Hariyani (1), Irma Susmiati (2), Siti Faidatul (3), Gadis Nurmufidah (4)
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya ,
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya ,
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya ,
(4) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya
38-47
24

Permasalahan Pada Anak Yang Mempunyai IQ Dibawah Rata-Rata Di Rumah Terapi Tabina Ie Masen Kaye Adang

Putri Pareda (1), Jesika Rahmah (2), Hijriati (3)
(1) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry ,
(2) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry ,
(3) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
1-10
25

Peran Guru Dalam Penerapan Toilet Training Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA 02 CAKRU

Desi Wulandari (1), Misyana (2)
(1) TK TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Cakru ,
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember
63-69
1

Perancangan Permainan Botol Akhlak untuk Mengembangkan Moral dan Agama Anak Usia Dini

Syifa Athaya (1), Kharisma Dita Cahyani (2), Rahmah (3), Siti Nurmala (4), Lizza Suzanti (5)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia ,
(2) Universitas Pendidikan Indonesia ,
(3) Universitas Pendidikan Indonesia ,
(4) Universitas Pendidikan Indonesia ,
(5) Universitas Pendidikan Indonesia
29-37
18
View All Issues