Main Article Content

Abstract

Sekolah merupakan salah satu area yang memiliki resiko tinggi adanya korban jiwa pada saat terjadi bencana gempa bumi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya tingkat pengetahuan siswa SMPN 3 Kuta Selatan tentang kesiapsiagaan siswa berkaitan dengan bencana gempa bumi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan random sampling. Jumlah sampel sebanyak 200 responden. Data yang digunakan adalah data primer; Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket . Teknik analisa data yang digunakan adalah metoda kuantitatif melalui analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa SMPN 3 Kuta Selatan tentang kesiapsiagaan menghadapi bencala alam gempa bumi dalam kategori baik dengan pengalaman bencana gempa bumi pada tanggal 16 juli 2019 lalu dan penyuluhan yang diberikan oleh tokoh masyarakat, tenaga kesehatan, kampus, dan informasi dari media cetak elektronik, menjadikan mayoritas siswa lebih mengetahui penyebab terjadinya gempa bumi dan tindakan yang tepat dilakukan sebelum saat dan sesudah terjadinya gempa bumi dalam kondisi apapun.

Kata kunci: Siswa; Sekolah; Kesiapsiagaan; Gempa Bumi.

Article Details

Author Biography

Nia Maharani, STMIK STIKOM INDONESIA

How to Cite
Maharani, N. (2020). Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di SMPN 3 Kuta Selatan Badung Provinsi Bali. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 32–38. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.32-38

References

  1. Ajipramesti, C. 2011.“Kesiapsiagaan Masyarakat Kawasan Teluk Pelabuhan Ratu Terhadap Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami”. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 22(2).p :113-128.
  2. Elon ,Y. Manalu, H. 2019. “Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Melalui Pendekatan Drilling”. Jurnal Keperawatan Galah, 1(2).
  3. Febriana, Sugiyanto, F D, Abubakar, Y. 2015. “Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Siaga Bencana Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Kecamatan Meuraya Banda Aceh”. Jurnal Ilmu Kebencanaan. 2(3), p:41-49.
  4. Hawvina, T, Maryani, E, Nandi. 2016. “Pengaruh Pengalaman Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Dalam Menghadapi Ancaman Gempa Bumi”. Jurnal Pendidikan Geografi.16(2).
  5. https://tirto.id/ec6R/ Diunduh pada tanggal 22 April 2020 pukul 09.00 WITA.
  6. Maidaneli, Ernawaty. 2019. “Keisapsiagaan Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami Di Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman”. Jurnal Kapita Sleketa Geografi. 2(1). p:89-100.
  7. Oktaviantika, DA. 2016. ”Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 02 Wedi Kabupaten Klaten Dalam Mitigasi Bencana Gempa Bumi”. Jurnal Pendidukan Ilmu Pengetahuan Sosial. 1(2) p : 35-57.
  8. Rahmanika, K. dkk. 2018. “Pemetaan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Gempa Bumi dan Tanah Longsor Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Georafflesia. 3(2). p : 25-33.
  9. Setyaningrum, N, Rumagutawan, R. 2018. “Tingkat Pemgetahuan Penanggulangan Bencana dan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Pada Keluargan di Dusun Kiringan Jetis Bantul Yogyakarta”.. Health Sciences and Pharmacy Journal. Desember. p : 103.
  10. suara.com. Diunduh pada tanggal 22 April 2020 pukul 09.00 WITA
  11. Pribadi, Khrisna S, dkk. 2008. Buku Pegangan Guru Pendidika Siaga Bencana Bandung. Pusat Mitigasi Bencana . ITB.
  12. Syarif, H. Mastura, 2015. “Hubungan Self Efficacy Dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 dan 6 Banda Aceh”. Idea Nursing Journal. VI(2).
  13. Utama, DA, Delfina, R, Soleha, N.2019. “Kesiapsiagaan Masyarakat Lempuing Menghadapi Bencana Gempa Bumi”. Jurnal Vokasi Keperawatan. 2(1).