Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri 43 Rejang lebong pada mata pembeljaran IPA. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan demikian pula halnya dengan siklus II. Data kemandirian Belajar siswa diperoleh melalui angket yang diberikan kepada siswa setelah proses pembelajarn menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Numbered Heads Together meningkatkan kemandirian belajar IPA yang terdiri dari aspek: tidak tergantung terhadap orang lain, kepercayaan diri, berprilaku disiplin, memiliki inisiatif sendiri, dan memiliki rasa tanggung jawab. Hasil akhir dari angket diperoleh seluruh aspek memiliki nilai lebih dari 75%.

Article Details

Author Biography

Sulastri Sulastri, SD Negeri 43 Rejang Lebong

How to Cite
Sulastri, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas V SDN 43 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 46–51. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.46-51

References

  1. Anindhita, Rr Noviani Galih. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran NHT Meningkatkan Hasil Belajar Tema Negeri Dan Peubahannya Di SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 5 No 3, 1095.
  2. Fiteriani, I., & Arni, S. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif dan Implikasinya Pada Pemahaman Belajar Sains di SD/MI (Studi PTK di Kelas III MIN 3 Wates Liwa Lampung Barat). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 94-115.
  3. Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kuantitatif Dan Kulitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
  4. Mentari, Monica dewi. Imam sujadi & Dhidhi Pambudi. 2018. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) di SMK Negeri 6 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Solusi. Vol II No 6, 435-444.
  5. Mulia, Dini Siswani & Suwarno. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan,Vol. IX. No. 2.
  6. Nurjanah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 KEC. Bacukiki Kota ParePare. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol VI No 2, 107-106.
  7. Pratiwi, Destiani. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Di SDN Nomporejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 11, 1050.
  8. Rafika. Israwati & Bachtiar. 2017. Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Bleajar Siswa Di SD Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2 No 1, 121-122.
  9. Sutarno, Nono. 2007. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  10. Syahputra, Dedi. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyelesaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. AT-Tawassuth, Vol II No 2, 370.
  11. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.