Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari hasil analisa deskriptif mengenai penerapan model pembelajaran argumentasi berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP). Pengamatan terfokus pada dampak peningkatan pemahaman konsep peserta didik dan keterampilan argumentasinya dalam bidang mata pelajaran fisika. Pada penelitian ini menggunakan metode library research yang merupakan penelitian studi kepustakaan dengan teknik mengumpulkan data lewat beberapa artikel terpublikasi yang relevan dengan studi kasus yang dikaji. Pelaksanaan peneliti ini dilakukan dengan mengumpulkan data jurnal dan artikel ilmiah yang terpublikasi secara online serta terindeks oleh laman Google Scholar, mengunduh, dan dilanjutkan dengan mengorganisasikan artikel tersebut dalam aplikasi Mendeley. Dalam penelaahan jurnal ilmiah pada penelitian ini dilakukan mengikuti langkah-langkah: (1) organize, yaitu memilih jenis-jenis jurnal yang selaras dengan jenis penelitian; (2) synthesize, yaitu membaca dan merangkum setiap jurnal menjadi sebuah esensi penelitian yang padu dan terstruktur; dan (3) identify, yaitu mengambil kesimpulan dari setiap jurnal dan membuat rangkuman evaluasi dari keseluruhan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Toulmin’s Argument Pattern (TAP) dapat meningkatkan keterampilan argumentasi serta pada pemahaman konsep khususnya dalam bidang mata pelajaran fisika. Hasil telaah penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis pada Toulmin’s Argumentation Pattern memiliki kelebihan: mempengaruhi keterampilan argumentasi, meningkatkan penguatan dan percepatan pemahaman konsep, membangun pola argumentasi yang lebih baik, memperbaiki kualitas argumentasi, serta menciptakan peserta didik yang kreatif dan inovatif dalam pengembangan materi dalam pembelajaran. Melakukan kolaborasi dengan metode pembelajaran diskusi, problem based learning, pembelajaran konsep, scaffolding, dan beberapa metode lain juga membuat model pembelajaran ini lebih baik dalam pencapaian peserta didik.

Article Details

Author Biography

Megatro Thathit Wahyunan Widhi, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika
How to Cite
Wahyunan Widhi, M. T., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-91

References

  1. Abduh, N. K., Sastromiharjo, A., & Anshori, D. S. (2019). Pola Argumentasi Pada Genre Teks Eksposisi Karangan Siswa SMA. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i1.7372, 71-84
  2. Agusni, H., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2017). Pengaruh Skill Argumentasi Menggunakan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 97-104
  3. Amin, A. M., & Corebima, A. D. (2016). Analisis Persepsi Dosen Terhadap Strategi Pembelajaran Reading Questiong And Answering (RQA) Dan Argument Driven Inquiry (ADI) Pada Program Studi Pendidikan Biologi Di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional II, 333-347
  4. Amiroh, F., & Admoko, S. (2020). Tinjauan Terhadap Model-Model Pembelajaran Argumentasi Berbasis TAP Dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Pemahaman Konsep Fisika Dengan …. Inovasi Pendidikan Fisika, 207-214
  5. Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (2001). Revised Bloom’s Taxonomy. In A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives, 3-279
  6. Anwarudin, G. & S. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas untuk Meningkatkan Argumentasi Ilmiah Materi Getaran Harmonis. Dk, 804-809
  7. Baharsyah, A. I., & Admoko, S. (2020). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Berbasis Pola Toulmins Argument Pattern (TAP) Menggunakan Model Argument Driven Inquiry dan Diskusi pada Pembelajaran Fisika SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 318-324
  8. Bennett, J., Hogarth, S., Lubben, F., Campbell, B., & Robinson, A. (2010). Talking science: The research evidence on the use of small group discussions in science teaching. International Journal of Science Education. https://doi.org/10.1080/09500690802713507
  9. Bricker, L. A., & Bell, P. (2008). Conceptualizations of argumentation from science studies and the learning sciences and their implications for the practices of science education. Science Education. https://doi.org/10.1002/sce.20278, 473-498
  10. BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. In Journal of Chemical Information and Modeling, 3-23
  11. Celik, P., Onder, F., & Silay, I. (2011). The effects of problem-based learning on the students’ success in hysics course. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.124, 656-660
  12. Clark, D., Sampson, V., Stegmann, K., Marttunen, M., Kollar, I., Janssen, J., Erkens, G., Weinberger, A., Menekse, M., & Laurinen, L. (2010). Online Learning Environments, Scientific Argumentation, and 21st Century Skills. https://doi.org/10.4018/978-1-61520-729-9.ch001, 1-39
  13. Erduran, S., & Jimenez-Aleixandre, M. (2007). Argumentation in Science Education: Perspectives from Classroom-Based Research. In International Journal of Science Education. https://doi.org/10.1080/0950069920140508, 179-199
  14. Erduran, Sibel, Simon, S., & Osborne, J. (2004). TAPping into argumentation: Developments in the application of Toulmin’s Argument Pattern for studying science discourse. Science Education. https://doi.org/10.1002/sce.20012, 915-933
  15. Faiqoh, N., Khasanah, N., Astuti, L. P., Prayitno, R., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10122, 174-182
  16. Handayani, P. (2015). Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Palembang Dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 167-177
  17. Hendri, S., & Anwar, S. (2019). Development Of Integrated-Science Material Using Four Steps Teaching Material Development. Journal of Educational Science and Technology (EST). https://doi.org/10.26858/est.v5i2.7286, 130-139
  18. Herlanti, Y., Rustaman, N. Y., Rohman, I., & Fitriani, A. (2012). Kualitas argumentasi pada diskusi isu sosiosaintifik mikrobiologi melalui weblog. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2135, 60-68
  19. Indrawati, K. A. D., & Febrilia, B. R. A. (2019). Pola Argumentasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2,141-154
  20. Istiana, R., Herawati, D., & Ardianto, D. (2020). Argumentation real-world inquiry to improve students’ argumentation skill. JURNAL BIOEDUKATIKA. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v8i2.12705, 131-140
  21. Kim, S. (2015). An analysis of teacher question types in inquiry- based classroom and traditional classroom settings. IOWA Research Online, 145-152
  22. Laamena, Christina M., Nusantara, T., Irawan, E. B., & Muksar, M. (2018). Analysis of the Students’ Argumentation based on the level of Ability: Study on the Process of Mathematical Proof. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012156, 1-7
  23. Laamena, Christina Martha. (2019). Strategi Scaffolding Berdasarkan Gaya Belajar Dan Argumentasi Siswa: Studi Kasus Pada Pembelajaran Pola Bilangan. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss2pp085-092ar809
  24. Lazarou, D. (2009). Learning To Tap: An Effort to Scaffold Students’ Argumentation in Science. ESERA Proceedings, 43-50
  25. Magee, P. a, & Flessner, R. (2012). Collaborating to improve inquiry-based teaching in elementary science and mathematics methods courses. Science Education International.
  26. Nurdiyanti, D., Permanasari, A., Mulyani, S., & Hernani, H. (2019). Perceptions of prospective chemistry teachers about the skills of writing argument-based teaching material on voltaic cell subject. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042038, 1-6
  27. Osborne, J. (2010). Arguing to learn in science: The role of collaborative, critical discourse. In Science. https://doi.org/10.1126/science.1183944, 463
  28. Pacific Policy Research Center. (2010). 21 st Century Skills for Students and Teachers. Research & Evaluation, 1-25
  29. Pendidikan, P. M. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. In Peraturan Mentri Penidikan tahun 2016, 1-15
  30. Probosari, R. M., Ramli, M., Harlita, H., Indrowati, M., & Sajidan, S. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.3880, 29-33
  31. Rahman, D. F. (2018). Analisis Argumentasi dalam Isu Sosiosaintifik Siswa SMP. THABIEA : JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3868, 9-13
  32. Setiawati, I., & Nurlaelah, I. (2017). Analisis Profil Kemampuan Berargumentasi Guru Dan Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Toulmin’s Argumen Pattern (TAP) Dan Upaya Perbaikannya. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 7-17
  33. Setyaningsih, Y. (2016). Pola Argumen Paragraf Argumentatif Pada Artikel Jurnal Terakreditasi Bidang Ekonomi (Perspektif Stephen Toulmin). Adabiyy?t: Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.14421/ajbs.2016.15202, 136-156
  34. Simon, S., & Maloney, J. (2007). Activities for promoting small-group discussion and argumentation. School Science Review.
  35. Soekisno, R. B. A. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematis Mahasiswa. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.77, 120-139
  36. Suhartoyo, E. (2018). Penerapan Model Argumentatif Toulmin Dalam Strategi “Claim Dan Support” Pada Cara Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menulis Paragraf Argumentatif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 25-37
  37. Syaodih, Sukmadinata, & Nana. (2009). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktek. In Journal of Chemical Information and Modeling, 215-218
  38. Tama, N. B., Probosari, R. M., & Widoretno, S. (2016). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa Kelas X Project Based Learning to Improve Written Argumentation Skill of Tenth Graders. Bioedukasi, 170-176
  39. Umah, U., Asari, A. R., & Sulandra, I. M. (2016). Struktur Argumentasi Penalaran Kovariasional Siswa Kelas VIIIB MTsN 1 Kediri. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.498, 1-12