Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan beban miskonsepsi siswa pada mata pelajaran fisika, mendeskripsikan model pembelajaran conceptual change dapat merubah pemahaman siswa, menganalisis penggunaan pendekatan konflik kognitif untuk menurunkan miskonsepsi siswa pada mata pelajaran fisika. Fokus utama dalam penelitian ini adalah hubungan model perubahan konseptual dengan pendekatan konflik kognitif dalam mengurangi miskonsepsi fisika. Penelitian ini menggunakan metode library research (studi pustaka), mencari sumber literatur yang relevan sesuai topik yang dibahas, dengan tujuan menemukan kajian ilmiah dan teoritis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) orgainize, pada tahap ini melakukan pengelompokkan literatur – literatur yang dikaji. Literatur harus terlebih dahulu di review sebelum digunakan, agar sesuai dengan pokok bahasan. (2) Synthesize, pada tahap ini melakukan penyatuan hasil pengelomppokkan literatur secara ringkas dan padu. (3) Identify, pada tahap ini mengidentifikasi permasalahan yang relevan dan penting untuk ditelaah dan dianalisis, agar menghasilkan paragraf yang ilmiah. Hasil penemuan penelitian ini adalah beban miskonsepsi yang dimiliki siswa rata rata tinggi dalam pelajaran fisika terutama dalam materi suhu dan kalor. Miskonsepsi dapat berasal dari siswa, guru, buku, dan lain – lain. Penggunaan model pembelajaran perubahan konseptual dengan strategi konflik kognitif menjadikan siswa aktif dalam menyelesaikan pemikirannya secara mandiri, mengubah pemahamannya yang perlu di perbarui. Membuat pelajaran menjadi bermakna dan dapat mereduks miskonsepsi. Penggunaan model perubahan konseptual dengan pendekatan konflik kognitif berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan miskonsepsi, memperbarui konsep, serta meningkatkan pemahaman dan hasil belajar.

Kata kunci: Miskonsepsi; Perubahan Konseptual; konflik kognnitif.

Article Details

How to Cite
Rachmawati, T. N., & Supardi, Z. A. I. (2021). Analisis Model Conceptual Change Dengan Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 133–142. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.133-142

References

  1. Adnyani, Ni Wayan; Sadia, I wayan; Natajaya, I Nyoman. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Terhadap Penurunan Miskonsepsi Fisika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X Di SMAN 1 Bebandem. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
  2. Alfiani. (2015). Analisis Profil Miskonsepsi dan Konsistensi Konsepsi Siswa SMA pada Topik Suhu dan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV.
  3. Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015, Desember). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 5.
  4. Darmaji, D.; Astalini, A.; Kurniawan, D.A.; & Perdana, R.; & Putra, D.S. (2019). A study relationship attitude toward physics, motivation, and character discipline students senior high school, in Indonesia. International Journal of Learning and Teaching, 100.
  5. Dedi, Sahala S, S., & Hamdani. (2019). Penerapan Conceptual Change Model Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Untan.
  6. Hasanah, N., Hidayat, A., & Koeshandayanto, S. (2020). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Gelombang Mekanik. Jurnal Universitas Negeri Malang.
  7. Hidayatullah, Z., & Junadi. (2020). identifikasi Miskonsepsi dan Konflik Kognitif Fisika: Kasus Terkait Perubahan Konseptual. EDUSAINS.
  8. Kuezmann, I. (2017). The Structure of Knowledge and Students' Misconceptions in Physics. AIP Conference Proceedings. New York: AIP .
  9. Madu, B. C., & Orji, E. (2015). Effects of Cognitive Conflict Instructional Strategy on Students’ Conceptual Change in Temperature and Heat. SAGE.
  10. Makhrus, M., Nur, M., & Widodo, W. (2014). Model Perubahan Konseptual Dengan Pendekatan KonfliK Kognitif. Jurnal Pijar Mipa.
  11. Mosik, P., & Maulana. (2010). Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , 98-103.
  12. Muh, M. (2018). Peranan Konflik Kognitif Terhadap Perubahan Konseptual Pada Mahasiswa Tentang Konsep Gaya. Konstan Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika.
  13. Nana. (2018). Penggunaan Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Remediasi Miskonsepsi Pembelajaran Suhu Dan Kalor. Surakarta: SNPS.
  14. Nur Hidayah, M., & Nana. (2019). Mereduksi Jumlah Siswa Yang Mengalami Miskonsepsi Pada Pokok Pembahasan Modulus Young dengan Menggunakan Pendekatan Konflik Kognitif . Jurnal Unsil.
  15. Nurulwati, Veloo, A., & Mat A, R. (2014). Suatu Tinjauan Tentang Jenis - Jenis dan Penyebab Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,, 87 - 95.
  16. Pebriyanti, D., Sahidu, H., & Sutrio. (2015). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1, 1.
  17. Pratiwi, E. (2019, February). Characteristics of Students’ Cognitive Conflict in Solving a Problem Based on Information Processing Theory. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18 No 2, 76-88.
  18. Rahayu, A., Hartono, & Sutikno. (2018). Fotonovela with Cognitive Conflict Approach as Media to Discloses The Easy and Difficult Remedied Misconception. Jurnal UNNES.
  19. S, N. L., & C, H. B. (2018). Conceptual Change in Science Teaching and Learning: Introducing the Dynamic Model of Conceptual Change. IJEP-International Journal of Educational Psycoloogy, 7, 151-195.
  20. Siti Nur A, W., & Nana. (2019). Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Miskonsepsi Dalam Mata Pelajaran Fisika SMA Dengan Bantuan Model POE2WE. Jurnal Unsil.
  21. Wartono; Batlolona, John Rafafay; Putirulan, Apilya . (2018). Cognitive Conflict Strategy and Simulation Practicum to Overcome Student Misconception on Light Topics. Journal of Education and Learning (EduLearn).
  22. Wulandari, T. A., Prihandono, T., & Maryani. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor Di Kelas XI SMA Jember. Seminar Nasional Pendidikan Fisika.
  23. Zuhdi, M., & Makhrus, M. (2020). Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Dasar Materi Suhu dan Kalor Melalui Pendekatan Konflik Kognitif. Kappa Journal.