Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII.A SMP Negeri 2 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah form tes kemampuan pemahaman konsep akhir sikslus. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 74,61 ; 89,00 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal siklus I dan II yaitu 61,11 % ; 69,44%. Sehingga penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserrta didik dalam pembelajaran Matematika.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, A., & Hanifah, H. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 251–255. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.251-255

References

  1. Abu, Ahmadi dan Widodo Supriyono. (2014) Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Agus, Putu. (2018) Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. 9(2), 41-42.
  3. Azhar, Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rineka Citra.
  4. Isrok’atun dan Rosmala A. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara
  5. Masdafni. (2020) Pembelajaran Daring Menggunakan Video Animasi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Seberida. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2), 1753-1754.
  6. Mulyasa, E. (2009) Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Sudjana, N. dan Ahmad R. (2010) Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.