Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri di SMAN 5 Bengkulu Selatan

Puja Cahya Kencana(1), Rifa'i Rifa'i(2),
(1) Pascasrjana Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri SMAN 5 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 5 Bengkulu Selatan. Sampel yang di ambil yaitu 3 kelas  yang berjumlah 90 orang, dua kelas sebagai Eksperimen dan satu kelas sebagai kelas Kontrol. Dengan desain Control- Group Pre-Test Post-Test Desigen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Tes Essai untuk mengukur hasil belajar kognitif dan angket untuk mengukur minat belajar biologi Siswa. Data dianalisis menggunakan Uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Inkuiri dan konvensional pada pembelajaran Biologi di SMAN 5 Bengkulu Selatan; Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri dan lebih baik dibandingkan konvensional dilihat  dari uji statistiknya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan hasil kognitif siswa pada pembelajaran Biologi di SMAN 5 Bengkulu Selatan.


Keywords


Hasil Belajar Kognitif, PjBL, Inkuiri.

Full Text:

PDF

References


Arif, M., Murtiono2, E, S., Tamrin, A, G. (2017). Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Konvensional Dan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas XI TGB A SMKN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS.

Alghaniy, N., Rusdinal., Yanti, F. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education. Vol. 5. No. 1.

Andita, P, S., Stefanus C. R., Agustina, T, A, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 6. No. 1. ISSN: 2337-9227.

Aulia, M., Ria, M. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Pada Konsep Sistem Koordinasi Manusia Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. Vol. 4. No. 4.

Baiq, N, W, A., Syachruddin A, R., Agus, R. (2020)(. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tentang Sistem Gerak. J. Pijar MIPA. Vol. 15. No. 1. ISSN 1907-1744 (Cetak) . ISSN 2460-1500 (Online).

Desy, F, P., Deppy, E, N., Susanti, P, H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Pabelan Melalui Penerapan Model Project Based Learning. jurnal Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW.

Defindo, E. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Untuk Perguruan Tinggi Umum. Univeritas Negeri Padang.

Efa, M. Kashardi., Hidayat, T. (2019). Kemampuan Kognitif Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Project Based Learning (PjBL). JURNAL PROSINDING Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship. ISBN: 978-602-99975-3-8.

Endah, R, S. D., Rivanna, C R., Lailatul, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 3. No. 2. ISSN 2615-5443.

Fitriani, A. dkk. (2019). The Integrated Problem Based Learning and Predict, Observe, Explain (PBL-POE) to Empower Students’ Problem-Solving Skills. ACM ISBN 978-1-4503-7210

Hasan, R. (2018). Perbedaan Kemampuan Kognitif Siswa Dengan Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Problem Based Learning Di Madra. Jurnal Pembelajran Biologi Vol 6. No 1

Hidayat, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Strategi Team Quiz Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi IPSSma Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah Vol. 4 No. 4

Irwandi. (2020). Strategi Pembelajaran Biologi (lesson study, literasi sains, dan blendid learning). Bandung: Pustaka Reka Cipta.

. (2020). Enhancing Pre-Service Biology Teachers Critical Thinking Through Critical Analysis-Intervened Lesson Stud. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Volume 13, Issue 7, 2020.

Ifa, I, R, N., Hary S., Made, W. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi Dua Dimensi Kelas Xi Jurusan Multimedia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 2. No. 6.

Munir, Y. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo

Mimin, H. (2008). Model dan Teknik Penelitian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pres Jakarta.

Made, W, J., Putu, B, A., Ni, L, P, M, W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol. 4.

Nurdyansyah., & Eni, F, F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Surabaya: Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Nawalinsi., Muhsinatun, S, M. (2016). Keefektifan Pendekatan Scientific dengan Metode PjlB, PBL, Inquiry dan Discovery Learning dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal ilmu-ilmu sosial. Vol. 13. No. 2.

Rusman. (2016). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Rahma, W. (2016). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza. Vol. 1. No. 1.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Definisi Pendidikan. Lembaran RI Tahun 2003 No. 20. Jakarta :Sekretariat Negara.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saerozi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berorientasi Ecopreneurship Dan Motivasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pengelasan Di Sekolah Menengah Kejuruan (Effect Of Ecopreneurship-Oriented Project Based Learning Model And Motivation On The Improvement Of Students’ Learning Outcome In Welding System Material In Vocational High School). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 17. No. 1.

Utari, O., Albertus, D, L., Subiki. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5. No. 2.

Wina, T., Zulkarnain., Rahma, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Kependidikan Universitas Lampung 2015.




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.233-241

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Puja P Kencana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats