Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas pada materi Fisika

Rohman Entino(1), Eko Hariyono(2), Nurita Apridiana Lestari(3),
(1) , Indonesia
(2) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(3) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Berawal dari peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada saat pembelajaran fisika, maka peneliti melakukan penelitian deskriptif analisis dengan subjek sampel dan menggunakan tes diagnostik dengan skala CRI yang bertujuan menganalisis tingkat pemahaman peserta didik pada materi fisika. Hasil dari penelitian menunjukkan persentase pemahaman konsep 29,72% dengan kategori persentase rendah, persentase memahami konsep tetapi tidak yakin 18,32% dengan kategori rendah, persentase miskonsepsi 28,06% dengan kategori persentase rendah, dan persentase tidak paham konsep 23,89% dengan kategori persentase rendah. faktor – faktor yang menyebabkan miskonsepsi peserta didik kelas X SMAN 1 DRIYOREJO antara lain a)Peserta Didik; b)Bagaimana Mengajar.


Full Text:

PDF

References


Fariyani Q, et al. 2015. Pengembangan Four-Tier Diagnostic5 5Test5 5Untuk Mengungkap5 5Miskonsepsi5 5Fisika Siswa5 5SMA5 5Kelas5 5X. 5 5Jurnal Universitas5Negeri5semarang. Vol. 4. 5No. 2.

Giancoli, 5 5Douglas5 5C. 5 52001. 5 5Fisika5 5Jilid5 52, diterjemahkan5 5oleh5 5Yuhilza Hanum5dari5Physics55Fifth Edition, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hakim, A. 2012. 5Student5Concept5Understanding of5Natural5 Products5 Chemistry5 in Primary and Secondary Metabolies Using5 5the5 5Data5 5Collecting Technique5 5of5 5Modified5 5CRI. International5 5Online5 5Journal5 5of Educational5 5Sciences. 4 (3),544-553.

Haris, V. 2016. 5Identifikasi5 Miskonsepsi5 Materi Mekanika5 5Dengan55Menggunakan Cri5 (Certainty5 of Response Index). Ta’dib, 5 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.240

Hasan5 S, 5 et5 al. 51999. 5Misconception 5and 5The Certainty5of ResponseIndex (CRI). Physics5Education. 34(5).

Mosik & Maulana, P. (2010). 5Upaya Mengurangi Terjadinya5 5Miskonsepsi5 5Fisika Melalui5 5Pembelajaran5 5dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal5 5Pendidikan5 5Fisika Indonesia. Vol. 6. No. 2.

Safriana. 5 5S, 5 5&5 5Fatmi, 5 5N. 5 52018. 5 5Analisis Miskonsepsi5 Materi5 Mekanika pada5 Mahasiswa5 Calon5 Guru Melalui5 Force5 Concept5 Inventory dan5 Certainty5 of5 Response5 Index. Jurnal55 Pendidikan5555 Sains Indonesia, 5 6(2), 50 90–94. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.11897.

Suparno. 5 2005 . 5Miskonsepsi5 5dan5 5Perubahan Konsep5 dalam5 Pendidikan5 Fisika. Jakarta: PT. Grasindo

Syuhendri, 5 5S. 5 5 (2014). 5 5Konsepsi55 Alternatif Mahasiswa5pada5Ranah5Mekanika: Analisisuntuk Konsep5Impetus dan Kecepatan5 Benda5 5Jatuh. 5 5Jurnal Inovasi 5dan5 5Pembelajaran5 5Fisika 1(1), 556-57

Tayubi, 5YR.52005, 5Identifikasi5Miskonsepsi5pada Konsep5-5konsep5555 Fisika Menggunakan55 55Certainly55 55of response55 55index(CRI), 5 5Jurnal Universitas5Pendidikan5 Indonesia, Vol. 53. No. 52. Hal. 54-9.




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.177-182

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 rohman entino

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats