Eksplorasi Etnomatsains pada Lumpia Semarang serta Implikasi dalam Pembelajaran Matematika dan Sains

Subekti Anjarwati(1), Anggi Erna Aryani(2), Fika Fa’aliyatul Azizah(3), Ahmad Anis Abdullah(4),
(1) universitas alma ata yogyakarta, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alma Ata, Indonesia
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Alma Ata, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alma Ata, Indonesia

Abstract


Proses pembelajaran matematika dan sains sampai saat ini masih mengacu pada materi dalam buku. Apalagi di era pandemi Covid-19 saat ini, mereka lebih fokus pada materi yang dikirim melalui media sosial hal ini membuat siswa cenderung bosan dan malas. Berdasarkan kondisi tersebut, maka diperlukan adanya pendekatan pembelajaran. Salah satunya yaitu pendekatan pembelajaran yang kontekstual, yang mampu menciptakan suasana pembelajaran matematika dan sains yang penuh makna dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mewujudkan pembelajaran kontekstual perlu adanya keseimbangan pembelajaran antara konsep sekolah yang ada dengan budaya tradisional. Budaya lokal merupakan wujud nyata yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat digunakan untuk pembelajaran kontekstual. Penelitian ini memiliki tujuan mengeksplorasi konsep etnomatsains yang terkandung pada Lumpia Semarang yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika dan sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan etnografi yaitu mendeskripsikan dan menganalisis tentang peninggalan kebudayaan. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka diperoleh beberapa konsep matematika dan sanis yang terdapat pada bagian makan Lumpia Semarang yang ditampilkan dalam bentuk tabung. Penelitian ini menunjukkan bahwa bagian-bagian pada makanan tradisional pada Lumpia Semarang yang berkaitan dengan konsep matematika dan sains antara lain memiliki bentuk seperti tabung dengan komponen penyusunnya yaitu berupa sayuran, tepung beras, putih telur, dan lainnya dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda yang memiliki berbagai unsur sains.


Keywords


Etnomatsains, etnomatematika, etnosains,lumpia

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar Budaya Khas Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 131. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107

Atmojo, S. E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 5. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.5-13

Bakhrodin, Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Soulmath;Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 7(2), 113–124.

Gumulya, D. (2017). Pencampuran Budaya Cina, Jawa, dan Belanda pada Budaya Makan Cina Peranakan. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(02), 130–143. https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i02.1353

Herlina. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning di Kelas X SMAN 7 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(1), 24–30.

Hidayati, N., Rahmawati, A. Y., Khomah, I., & Abdullah, A. A. (2020). Identifikasi Etnomatsains p ada Tradisi Gunungan di Kraton Yogyakarta. 4(3), 52–59.

Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Rino Richardo. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Konteks Islam Nusantara: Sebuah Kajian Etnomatematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 86–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6360

Rohayati, Karno, & C. (2017). IDENTIFIKASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID AGUNG DI YOGYAKARTA. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–8.

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Abdullah, A. A. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui ctl. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(1), 98–110.

Sulistiyanto, R. (2020). Wisata Sejarah Murah Meriah di Semarang Oleh: Jurnal Gema Wisata, 16(1), 629–646.

Susanti, I. E., & Purwaningsih, S. M. (2015). Lumpia Semarang Pada Masa Orde Baru (Lumpia sebagai Identitas Budaya Etnis Tionghoa Peranakan Semarang). Avatara E-Journal Pendidikan Sejarah, 3(3), 384–390. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/12661/16415




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.183-192

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Subekti Anjarwati, Anggi Erna Aryani, Fika Fa’aliyatul Azizah, ahmad anis abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats