Pengembangan Modul Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Flip PDF Professional Pada Tema Udara Yang Sehat

Siti Chusni Nurlatifah(1), Siti Romlah Noer Hodijah(2), Adi Nestiadi(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract


Modul pembelajaran berbasis multimedia Flip PDF Professional merupakan modul pembelajaran yang di dalamnya terdapat beberapa kegiatan pembelajaran, sehingga membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Modul ini disajikan dalam bentuk multimedia dengan menggunakann aplikasi Flip PDF Professional, produk yang dihasilkan berupa flipbook yang menarik karena dapat memuat gambar, video, animasi, audio dan teks yang dapat dibolak-balik saat membacanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan dan mengetahui tingkat kevalidan modul pembelajaran yang telah dibuat. Penelitian ini dilakukan pada tiga SMP di kota Serang dengan kurun waktu bulan Agustus 2020 sampai dengan Agustus 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan model yang diadaptasi dari Sugiyono yaitu melalui tahapan (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) perbaikan desain. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk uji kevalidan yang akan dilakukan oleh dua ahli media, dua ahli materi, dan juga tiga Guru IPA. Hasil uji kevalidan modul berbasis multimedia dengan menggunakan Flip PDF Professional pada tema udara yang sehat ini berdasarkan validasi media mendapatkan nilai 89,4% dengan kategori sangat valid, dan untuk validasi materi mendapatkan nilai 86,9% yang berarti masuk ke dalam kategori sangat valid.


Keywords


Modul Pembelajaran; Multimedia; Flip PDF Professional; Udara Yang Sehat

Full Text:

PDF

References


Arsal, M., Muhammad, D., dan Yusminah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas IX MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, Hal: 434-442

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas

Flipbuilder. (2020). Flip PDF Professional. Diambil dari https://www.flipbuilder.com/flip-pdf-pro/

Hasanah dan Nulhakim. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 1, No. 1, Hal. 91-106.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Karli, Hilda. (2013). Head-Hand-Heart (3H) Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Bina Media Informasi.

Novitasari, E., Mohammad M., dan Nonoh, S. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif Di Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inkuiri, Vol. 5, No. 1, Hal: 112-121.

Pakpahan, Roida dan Yuni, F. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Reseach, Vol. 4, No. 2, Hal: 30-36.

Pratiwi, Hidayah N., dan Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, Vol. 36, No. 2, Hal: 201–208.

Priambudi, Panji. (2018). Street Smart Slide Tips Praktis Mendesain Slide Presentasi Kelas Dunia. Malang: PT Litera Mediatama.

Putri, A., Sjaifuddin, dan Liska, B. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, Vol. 6, No. 1, Hal: 143-150.

Rahayu, Wiwin Eka dan Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, Vol. 4, No. 2, Hal: 919-926.

Saputra, A., Sri, W., dan Rifati D. (2016). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger Pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5, No. 2, Hal: 182-189.

Seruni, Rara. dkk. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, Vol. 4, No. 1, Hal: 48-56.

Sriwahyuni, I., Eko, R., dan Henny, J. (2019). Pengembangan Bahan Ajar lektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 2, No. 3, Hal: 145-152.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyawati, P., Dwi P. P., dan Dimas I. I. U., (2017). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Mata Kuliah Tipografi Pada Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Dian Nuswantoro. Andharupa, Vol. 3, No.1, Hal: 69-80.

Tania, Lisa dan Joni, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. JPAK Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol. 5, No. 2, Hal: 1-9.

Wisudawati, W.A. dan Sulistyowati, E. (2014). Metode Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, Soesy S., Prabowo, dan Imam, S. (2018). Profil Pembelajaran Terpadu Pada Mata Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Vol. 2, No. 1, Hal: 7-14.




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.226-232

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Chusni Nurlatifah, Siti Romlah Noer Hodijah, Adi Nestiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats