Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website pembelajaran digital untuk perkuliahan pendidikan IPA kelas tinggi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan mengacu pada tahapan yang disampaikan oleh (Sugiyono, 2013). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, dan lembar angket respon peserta didik dan soal tes. Subjek pada penelitian ini adalah 73 mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Hasil validasi menunjukkan bahwa persentase validitas yang diperoleh sebesar 83,3% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa website pembelajaran digital merupakan alternatif pilihan yang praktis sebagai pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi covid-19, dengan tingkat ketuntasan klasikal posttest yang mencerminkan hasil belajar mahasiswa sebesar 84,85% dengan kategori sangat baik.

Article Details

How to Cite
Rohmani, R., & Prihatmojo, A. (2021). Pengembangan Website Pembelajaran Digital pada Perkuliahan Pendidikan IPA Kelas Tinggi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 242–249. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.242-249

References

  1. Bakri, F., Siahaan, B. Z., & Permana, A. H. (2016). Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 113–118.
  2. Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.
  3. Budiyono Saputro, M. P. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Presindo.
  4. Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., Nurfaizah, A. P., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270.
  5. Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 3(02), 137–154.
  6. Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38–50.
  7. Nugroho, A. (2012). Pengembangan model pembelajaran jarak jauh berbasis web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72–78.
  8. Nugroho, L. A. (2019). Analisa Laju Korosi Hasil Pengelasan Pada Baja St 37 Dengan Variasi Jenis Elektroda Akibat Pengkorosian Air LauT. University of Muhammadiyah Malang.
  9. Nur, M. D. M. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Fisika Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar pada Siswa yang Memiliki Selfregulated Learning (SRL) yang Berbeda. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 65–76.
  10. Putri, G. K., & Dewi, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 60–79.
  11. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfa Beta.
  12. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfa Beta.