Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan media pembelajaran video animasi kelas IV di SD Negeri 08 Sungai Rumbai Tahun Ajaran
2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-2 SD Negeri 08 Sungai Rumbai yang
berjumlah 16 orang siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan design eksperimen dalam bentuk pre-
experimental design tipe one group pretest-posstest (sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan
menggunakan video animasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu dilakukan dengan
menggunakan tes yang berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil normalitas maka dapat disimpulkan
bahwa siginifikansi yang diperoleh dari data pretest yaitu 0,81<0,05 dan signifikansi yang diperoleh dari
data posttest yaitu 0,59<0,05. Hasil uji hipotesis dari uji paired samples test dapat diperoleh nilai
signifikan 0,000. Hasil pengujian terlihat nilai signifikan <0,05, yaitu 0,000<0,05. Maka hasil uji paired
samples test dapat disimpulkan bahwa ditolak dan Ha diterima dalam menggunakan media
pembelajaran video animasi pada muatan pembelaran IPA terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan di kelas IV SD Negeri 08 Sungai Rumbai.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, oktarina
- puspita.i(2013). Model Dan Metode
- Pembelajaran Disekolah (cetakan 1).
- UNISSULAiPRESS.
- Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi
- Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata
- Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa
- Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul
- Sidoarjo. Journal of Information and
- Computer Technology Education, 1(April),
- –7.
- http://ojs.umsida.ac.id/index.php/jicte/articl
- e/view/1129/762
- Baswan. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar
- Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Pada
- Materi Susunan Pemerintahan Daerah
- Melalui Metode Bermain Peran dikelas IV
- SD di Siboang. Kreatif Tadulako Online, 3
- no.(1), i258–275.
- Dewi, N. M. J., Putra, D. K. N. S., & Ganing, N.
- (2017). Pengaruh Model Pembelajaran
- Problem Based Learning Berbantuan Media
- Audio Visual Animasi Terhadap Hasil
- Belajar Ipa. E-Journal PGSD Universitas
- Pendidikan Ganesha, 5(2), 1.
- https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJ
- PGSD/article/view/10657/6780
- Friska, S. Y., Pahmi, S., & Prananda, G. (2020).
- Pengaruh Model NHT Terhadap Hasil
- Belajar IPA. Jurnal Ikatan Alumni PGSD
- UNARS, 9(1), 332–342.
- Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018).
- Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA iKelas
- IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School
- Education Journal, 8(2), 112.
- https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/
- school/article/view/9770/9295
- Ilmi, N., & Tajuddin, R. (2021). Pengaruh Media
- Video Animasi Terhadap Kemampuan
- Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah
- Dasar. Journal of Social Sciences and
- Humanities, i1(1), i38–44.
- https://ojs.unm.ac.id/societies/article/view/
- /10264
- Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih,
- S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video
- Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa
- Kelas Iv Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal
- Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–
- http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomte
- ch/article/view/1803/1042
- Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O.
- (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap
- Hasil Belajar Materi Operasi Hitung
- Campuran iilangan Bulat Siswa Kelas IV
- Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika
- Dan Sains, 9(1), 1–10.
- https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
- Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020).
- Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan
- Media LaguAnakDalamPembelajaranIPA
- Sekolah Dasar. Jurna Ika, 8(2), 304–314.
- Prananda, G., Wardana, A., & Yuliadarmianti.
- (2020). Pengembangan Media iVideo
- Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 iUntuk
- Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1.
- JurnaliDharmaiPGSD, 1(1).
- Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh
- Penggunaan Media Video Animasi
- Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN
- Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal
- PGSD, 6(4), 429–439.
- https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.p
- hp/jurnal-penelitian-
- pgsd/article/view/23606/21581
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, oktarina
puspita.i(2013). Model Dan Metode
Pembelajaran Disekolah (cetakan 1).
UNISSULAiPRESS.
Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi
Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata
Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa
Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul
Sidoarjo. Journal of Information and
Computer Technology Education, 1(April),
–7.
http://ojs.umsida.ac.id/index.php/jicte/articl
e/view/1129/762
Baswan. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Pada
Materi Susunan Pemerintahan Daerah
Melalui Metode Bermain Peran dikelas IV
SD di Siboang. Kreatif Tadulako Online, 3
no.(1), i258–275.
Dewi, N. M. J., Putra, D. K. N. S., & Ganing, N.
(2017). Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning Berbantuan Media
Audio Visual Animasi Terhadap Hasil
Belajar Ipa. E-Journal PGSD Universitas
Pendidikan Ganesha, 5(2), 1.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJ
PGSD/article/view/10657/6780
Friska, S. Y., Pahmi, S., & Prananda, G. (2020).
Pengaruh Model NHT Terhadap Hasil
Belajar IPA. Jurnal Ikatan Alumni PGSD
UNARS, 9(1), 332–342.
Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018).
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA iKelas
IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School
Education Journal, 8(2), 112.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/
school/article/view/9770/9295
Ilmi, N., & Tajuddin, R. (2021). Pengaruh Media
Video Animasi Terhadap Kemampuan
Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah
Dasar. Journal of Social Sciences and
Humanities, i1(1), i38–44.
https://ojs.unm.ac.id/societies/article/view/
/10264
Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih,
S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video
Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa
Kelas Iv Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal
Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–
http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomte
ch/article/view/1803/1042
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O.
(2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap
Hasil Belajar Materi Operasi Hitung
Campuran iilangan Bulat Siswa Kelas IV
Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika
Dan Sains, 9(1), 1–10.
https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020).
Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan
Media LaguAnakDalamPembelajaranIPA
Sekolah Dasar. Jurna Ika, 8(2), 304–314.
Prananda, G., Wardana, A., & Yuliadarmianti.
(2020). Pengembangan Media iVideo
Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 iUntuk
Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1.
JurnaliDharmaiPGSD, 1(1).
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh
Penggunaan Media Video Animasi
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN
Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal
PGSD, 6(4), 429–439.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.p
hp/jurnal-penelitian-
pgsd/article/view/23606/21581