Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan media pembelajaran video animasi kelas IV di SD Negeri 08 Sungai Rumbai Tahun Ajaran
2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-2 SD Negeri 08 Sungai Rumbai yang
berjumlah 16 orang siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan design eksperimen dalam bentuk pre-
experimental design tipe one group pretest-posstest (sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan
menggunakan video animasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu dilakukan dengan
menggunakan tes yang berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil normalitas maka dapat disimpulkan
bahwa siginifikansi yang diperoleh dari data pretest yaitu 0,81<0,05 dan signifikansi yang diperoleh dari
data posttest yaitu 0,59<0,05. Hasil uji hipotesis dari uji paired samples test dapat diperoleh nilai
signifikan 0,000. Hasil pengujian terlihat nilai signifikan <0,05, yaitu 0,000<0,05. Maka hasil uji paired
samples test dapat disimpulkan bahwa ditolak dan Ha diterima dalam menggunakan media
pembelajaran video animasi pada muatan pembelaran IPA terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan di kelas IV SD Negeri 08 Sungai Rumbai.

Article Details

How to Cite
Friska, S. Y., Amanda, M. T., Novitasari, A., & Prananda, G. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 250–255. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.250-255

References

  1. Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, oktarina
  2. puspita.i(2013). Model Dan Metode
  3. Pembelajaran Disekolah (cetakan 1).
  4. UNISSULAiPRESS.
  5. Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi
  6. Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata
  7. Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa
  8. Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul
  9. Sidoarjo. Journal of Information and
  10. Computer Technology Education, 1(April),
  11. –7.
  12. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/jicte/articl
  13. e/view/1129/762
  14. Baswan. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar
  15. Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Pada
  16. Materi Susunan Pemerintahan Daerah
  17. Melalui Metode Bermain Peran dikelas IV
  18. SD di Siboang. Kreatif Tadulako Online, 3
  19. no.(1), i258–275.
  20. Dewi, N. M. J., Putra, D. K. N. S., & Ganing, N.
  21. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran
  22. Problem Based Learning Berbantuan Media
  23. Audio Visual Animasi Terhadap Hasil
  24. Belajar Ipa. E-Journal PGSD Universitas
  25. Pendidikan Ganesha, 5(2), 1.
  26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJ
  27. PGSD/article/view/10657/6780
  28. Friska, S. Y., Pahmi, S., & Prananda, G. (2020).
  29. Pengaruh Model NHT Terhadap Hasil
  30. Belajar IPA. Jurnal Ikatan Alumni PGSD
  31. UNARS, 9(1), 332–342.
  32. Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018).
  33. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA iKelas
  34. IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School
  35. Education Journal, 8(2), 112.
  36. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/
  37. school/article/view/9770/9295
  38. Ilmi, N., & Tajuddin, R. (2021). Pengaruh Media
  39. Video Animasi Terhadap Kemampuan
  40. Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah
  41. Dasar. Journal of Social Sciences and
  42. Humanities, i1(1), i38–44.
  43. https://ojs.unm.ac.id/societies/article/view/
  44. /10264
  45. Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih,
  46. S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video
  47. Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa
  48. Kelas Iv Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal
  49. Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–
  50. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomte
  51. ch/article/view/1803/1042
  52. Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O.
  53. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap
  54. Hasil Belajar Materi Operasi Hitung
  55. Campuran iilangan Bulat Siswa Kelas IV
  56. Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika
  57. Dan Sains, 9(1), 1–10.
  58. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
  59. Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020).
  60. Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan
  61. Media LaguAnakDalamPembelajaranIPA
  62. Sekolah Dasar. Jurna Ika, 8(2), 304–314.
  63. Prananda, G., Wardana, A., & Yuliadarmianti.
  64. (2020). Pengembangan Media iVideo
  65. Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 iUntuk
  66. Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1.
  67. JurnaliDharmaiPGSD, 1(1).
  68. Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh
  69. Penggunaan Media Video Animasi
  70. Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN
  71. Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal
  72. PGSD, 6(4), 429–439.
  73. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.p
  74. hp/jurnal-penelitian-
  75. pgsd/article/view/23606/21581