Pengembangan E-Modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Nia Nia(1), Suroso Mukti Leksono(2), Adi Nestiadi(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract


Pengembangan e-modul pelestarian lingkungan berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan e-modul  pelestarian lingkungan berbasis PBL yang telah dibuat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development), dengan model penelitian menurut Borg & Gall (1983) tetapi tahapannya dibatasi oleh peneliti dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari tahap pertama  yaitu pencarian dan pengumpulan data, Tahap kedua yaitu tahap perencanaan, Tahap ketiga yaitu pengembangan produk awal, yang terdiri dari pembuatan desain E-Modul, validasi dan revisi produk. E-modul yang dikembangkan kemudian divalidasi dan dilakukan revisi berdasarkan saran ahli. Tingkat kevalidan e-modul yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi ahli mempeoleh nilai persentase ahli materi sebesar 82,8% dengan kategori sangat valid. Sedangkan validasi ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 83,3% dengan kategori sangat valid. berdasarkan hasil penilaian ahli tersebut maka E-Modul Pelestarian Lingkungan berbasis Problem Based Learning ini dinyatakan valid dan layak digunakan di lapangan setelah dilakukan revisi berdasarkan saran ahli.

 


Keywords


E-Modul, Pelestarian Lingkungan, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Aisyah. (2013). Pengembangan Soal Tipe PISA di Sekolah Menengah Pertama.

Jurnal Edumatica, Vol. 3, No. 1, 27-31.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction,Fifth Edition. New York: Longman.

Cemal, Tosun & Yavuz, Taskesenligil. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Student Motivation Towards Chemistry Classes and on Learning Strategies. Journal of Turkish Science Education. Vol. 9, No. 1. Hal: 126-131

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. Diakses pada 20 Desember 2020. (http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThi nking_51711_000.pdf)

Hasanah dan Nulhakim. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 1, No. 1, Hal: 91-106.

Kemendikbud. 2013. Buku Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Nugraha, D.A., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets, Berorientasi Konstruktivistik. Jounal of Innovative Science Educatio, Vol. 2, No. 1.

Priambudi, Panji. (2018). Street Smart Slide Tips Praktis Mendesain Slide Presentasi Kelas Dunia. Malang: PT Litera Mediatama.

Priyanthi, K.A., Agustini, K., dan Gede, S.S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK N 3 Singaraja), Jurnal KARMAPATI 6, Vol. 6, No. 2, ISSN: 2252-9063.

Putra, K., W., B., Wirawa, I., M., dan Pradnyana, G., A. (2017). Pengembangan E-modul berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan IVX(1), Hal: 40, E-ISSN: 2541- 0662.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta

Sujiono & Arif. 2014. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Tema Gerak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Science Education Journal, Vol 3 No 3.

Syamsiara,Nur., Indah,P., & Sari Rahayu. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning(PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, Vol. 2, No. 2. Hal: 133-141.

Wulandari, Y., & , Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3, Hal: 162-172.




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.415-421

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nia Nia, Suroso Mukti Leksono, Adi Nestiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats