Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di SMP Negeri se–Kecamatan Pontang Kabupaten Serang

Khaerunnisah Khaerunnisah(1), Mudmainah Vitasari(2), Dwi Indah Suryani(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPA berbasis praktikum di SMP Negeri se – Kecamatan Pontang Kabupaten Serang, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, sampel penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan peserta didik kelas IX yang diambil dengan teknik pengambilan sampling random hingga mencapai jumlah sampel secara keseluruhan 150 responden. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Data hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : 1) Persiapan pembelajaran IPA berbasis praktikum sebesar 3,921 ; 2) Pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis praktikum sebesar 4,612 ;, dan 3) Tindak lanjut pembelajaran IPA berbasis praktikum sebesar 5,455. Jumlah keseluruhan hasil skor pembelajaran IPA berbasis praktikum sebesar 13,988 berada pada kategori baik.  


Keywords


Analisis, Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013.

Daryanto, dan Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media

Hasruddin dan Rezeqi. S, 212, ‘Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri se – Kabupaten Karo’. Jurnal Tabularasa PPSUNIMED, Vol 9, No 1

Indirastuti, Herlina, L., Widyaningrum, P. 2013. Kesiapan Laboratorium Biologi dalam Menunjang Kegiatan Ptraktikum SMA Negeri di Kabupaten Brebes. Journal of Biology Education, Vol 2, No 2

Pertiwi, R, I, 2013, ‘Persepsi Mahasiswa Tentang Penyelenggaraan Praktikum Pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh’, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak jauh’, Vol 4, No 1

Rizki.(2013),‘ Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Peran Pustakawan’, Jurnal Al - Kuttab, Vol 1, No 2

Tri Astuti, 2015,’Manajemen Praktikum IPA’, Jurnal Manajer Pendidikan, Vol 9, No 1

Ulfa, S,W. (2016), ‘Pembelajaran Berbasis Praktikum : Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Biologi’, Jurnal Nizhamiyah. Vol 1, hal 70 – 72

Widi Astuti, 2018 ,’Pengelolaan Praktikum IPA di SMPN 1 Wonogiri’ Jurnal Pascasarjana Universitas Muhamadiyah Surakarta’.

Yeni Suryaningsih (2017),‘Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi’, Jurnal Bio Education, Vol 2, No 2, ISSN 2541 – 2280, hal 50




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.346-352

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KHAERUNNISAH NISAH, Mudmainah Vitasari, Dwi Indah Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats