Analisis Faktor Kesulitan Belajar IPA Konsep Kelistrikan Kelas IX SMP Di Kabupaten Pandeglang

Aas Rosita(1), Suroso Mukti Leksono(2), Lulu Tunjung Biru(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(3) universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil analisis faktor kesulitan belajar IPA konsep kelistrikan kelas IX SMP di Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kesulitan belajar yang di alami oleh siswa sehingga menyebabkan kurangnya hasil belar yang memuaskan. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 guru IPA kelas IX dan 30 siswa kelas IX. Penelitian ini di laksanakan di SMP di Kabupaten Pandeglang yaitu SMPN 1 Cimanggu, SMPN 1 Sumur dan SMPN 1 Cibaliung. Penelitian ini di laksanakan pada tahun ajaran 2020-2021 semester ganjil. Hasil yang di dapatkan dalam penelitian ini berasal dari hasil angket dan wawancara. Perolehan data hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor kesulitan belajar konsep kelistrikan SMP  di Kabupaten pandeglang adalah rendahnya pemahaman konsep sebanyak 77,8%, kemampuan matematis sebanyak 83,4% dan kemampuan mengkonversi satuan sebanyak 78,0%.


Keywords


Faktor kesulitan., Belajar IPA., Konsep kelistrikan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1996. Pendidikan Bagi Anak Tuna Berkesulitan Belajar: Dirjen Dikti.

Ani Rusilowati. 2006. Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA Di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 4, No. 2,

Checkley, D. 2010. High School Students’ Perceptions of Physics, Faculty of Education. Lethbridge, Canada

Haqiqi, A. K., dan Sa’adah, L. 2018, Deskripsi Kesulitan Belajar Materi Fisika Pada Siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah, 01: 40

Koestoro, B. 2016. Pengelolaan Sumber Belajar.Yogyakarta: Media Akademi.

Mudjiran, J. 2001. Kesulitan Belajar yang dialami Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Buletin Pembelajaran 1.

Mulyati. 2016, Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representsi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview-Question-Read-Reflect-Review. Jurnal Analisa Vol. 2 No. 3.

Ukoh, E.E. 2012. Effect of Interactive Invention Instructional Strategy on NCE Pre-Service Teacher’s Achievement in Physics and: Acquisition of Science Process Skills. Journal of Innovative Research in Management and Humanities, 3(1): 122– 131




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.404-409

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aas Rosita, Suroso Mukti Leksono, Lulu Tunjung Biru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats