Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII

Eha Lestari(1), Lukman Nulhakim(2), Dwi Indah Suryani(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Indonesia
(2) Universitas sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(3) Universitas sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract


Pengembangan e-modul dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik dalam menunjang
belajar ditengah pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis flip pdf
professional tema global warming dan untuk mengetahui seberapa valid media tersebut.Sebagai sumber
belajar mandiri siswa kelas VII.Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D).
Desain penelitian yang digunakan Borg and Gall. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif
pengumpulan data dilakukan dengan lembar instrumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil sumber belajar e-modul yang telah
dikembangkan berupa aplikasi app berbentuk offline dan link berbentuk online mencangkup materi global
warming. (2) Hasil media e-modul valid digunakan menurut para ahli materi, ahli media dan guru IPA
dengan persentase 76%, 85%, 100%. Sehingga media yang telah dikembangkan valid digunakan sebagai
sumber belajar mandiri siswa dalam proses pembelajaran.


Keywords


E-modul; flip pdf professional; sumber belajar mandiri.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Borg and Gall. (1983). Education Researc (4th ed).New York: Longmman Inc.

Daryanto. (2013) . Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas .(2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasiona. (2008) Penulis Modul. Jakarta.

Evi, (2018). Pengembangan E-modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 12. No 1. 2018.

Flipbuilder. (2020). Flip Pdf Professional. Diambil dari https://www.flipbuilder .com/flip-pdf-pro/.

Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hanifa, (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2. No. 3.

Himmah, E, F. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Suhu dan Kalor. (Skripsi). Fakultas Tarbiah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung, Lampung.

Hirzan, L dan Yuhendri, M. (2020). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Untuk Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan,(online),Vol1No1,(http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/58.

Sriwahyuni, I., Eko., dan Henny, J. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada materi alat-alat optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 3, No. 1, Hal: 68-80.

Sugiyanto, D, dkk. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Jurnal INVOTEC, Volume IX, No.2,101-116. Diakses dari https://www.readcube.com/articles/10.17509/invotec.v9i2.4860.

Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabetis.

Sugiyono. (2014b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syauqi, K. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Priambudi, panji. (2018). Street Smart Slide Tips Praktis Mendesain Slide Presentase Kelas Dunia. Malang: PT Literasi MediaTama.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Puskur. (2006). Buram Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. [Online] diakses dari http://www.puskur.net.

Undang-Undang Republic Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Tentang System Pendidikan Nasional. Jakarta.

Susilawati, S., Pramusinta, P., dan Saptaningrum, E. (2020). Penguasaan Konsep Siswa Melalui Sumber Belajar E-modul Gerak Lurus Dengan Sofware Flipbook Maker. Jurnal. Vol 9 No 1. Diakses dari (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/38279.




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.338-345

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eha Lestari, Lukman Nulhakim, Dwi Indah Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats