Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen

Arina Sukma Tanjung Asri(1), Kusumawati Dwiningsih(2),
(1) , Indonesia
(2) Jurusan Kimia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas e-modul interaktif sebagai media pembelajaran untuk melatihkan kecerdasan visual spasial peserta didik pada materi ikatan kovalen dilihat dari validitas isi dan konstruk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) langkah, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun hanya sampai pada tahapan development (pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi E-modul Interaktif. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa E-modul Interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase 83% untuk validitas isi termasuk kategori sangat valid dan mendapatkan persentase sebesar 83% untuk validitas konstruk termasuk kategori sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran untuk melatihkan visual spasial peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Achuthan, K., Kolil, V. K., & Diwakar, S. (2018). Using virtual laboratories in chemistry classrooms as interactive tools towards modifying alternate conceptions in molecular symmetry. Education and Information Technologies, 23(6), 2499–2515. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9727-1

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Ayu, V. R. K., & Rinaningsih, R. (2021). Efektivitas Handout pada Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Prestasi Siswa: Review. Chemistry Education Review (CER), 4(2), 103. https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.19989

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Effendy. (2013). Teori VSEPR Kepolaran, dan Gaya Antar Molekul. Bayumedia Publishing.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Hulu, G., & Dwiningsih, K. (2021). Validitas Lkpd Berbasis Blended Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Melatihkan Visual Spasial Materi Ikatan Kovalen. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 56–65. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p56-65

Husita, D. (2017). Penerapan Metode Koperatif Tipe Savi (Somatic Auditory Visual and Intellectual) Animasi Komputasi Sederhana Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Kimia Pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas X-6 Man Rukoh Kota Banda Aceh. Lantanida Journal, 2(2), 185. https://doi.org/10.22373/lj.v2i2.1410

Ilyasa, D. G., & Dwiningsih, K. (2020). The Validity Of Interactive Multimedia On Ionic Bond Material. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 3(2), 51. https://doi.org/10.26740/jcer.v3n2.p51-57

Isaloka, I., & Dwiningsih, K. (2020). the Development of 3D Interactive Multimedia Oriented Spatial Visually on Polar and Nonpolar Covalent Bonding Materials. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 5(2), 153–165. https://doi.org/10.15575/jtk.v5i2.8688

Istiqomah, W., Rahayu, S., & Muchson, M. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Materi Ikatan Kovalen Pada Mahasiswa Kimia Tahun Pertama Universitas Negeri Malang Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(6), 482–492. https://doi.org/10.17977/um067v1i6p482-492

Kamila, A., Fadiawati, N., & Tania, L. (2018). Efektivitas Buku Siswa Larutan Penyangga Berbasis Representasi Kimia dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 211–222.

Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229

Noviani, M. W., & Istiyadji, M. (2017). Miskonsepsi Ditinjau Dari Penguasaan Pengetahuan Prasyarat Untuk Materi Ikatan Kimia Pada Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 2550–0716.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 3(1).

Nurviandy, I., & Dwiningsih, K. (2021). The Effectiveness of Interactive Multimedia 3D Modeling of Metallic Bondings to Optimize Visual-Spatial Intelligence. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 6(1), 43–50. https://doi.org/10.15575/jtk.v6i1.9704

Pada, A. U. T., Mustakim, S. S., & Subali, B. (2018). Construct validity of creative thinking skills instrument for biology student teachers in the subject of human physiology. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 119–129. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.22369

Pepi, P., Amir, H., & Elvia, R. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Think Pair Share (Tps) Dengan Pendekatan Scientific Pada Kelas X Ipa Di Sman 3 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019. Alotrop, 3(2), 148–157. https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.10121

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An introduction to educational design research. Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), 23.

Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan modul elektronik berbasis online dengan program edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123, 121–129. journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/8471/4100

Ridlo, F. M., & Novita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Untuk Melatihkan Multiple Intelligences Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Man Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 282–287.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Siagian, D. P., & Yasthophi, A. (2021). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berorientasi Everyday Life Phenomena pada Materi Termokimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(2), 64–73.

Smith, S. B. (2020). Engineering and Art: Putting the EA in STEAM (pp. 258–273). https://doi.org/10.4018/978-1-5225-9631-8.ch012

Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81.

Syahrul, Y. (2019). Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Stmik Palcomtech Dan Politeknik Palcomtech. Jurnal Bahasa Rupa, 2(2), 109–117. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v2i2.342

Tinenti, & Rosinda, Y. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembeajaran di Kelas. DEEPUBLISH.

Wahyuni, Z. A., & Yerimadesi. (2021). Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 680–688.

Warsito, J., Subandi, S., & Parlan, P. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Topik Ikatan Kimia Serta Perbaikannya dengan Pembelajaran Model ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1563. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14158

Widarti, H. R., Safitri, A. F., & Sukarianingsih, D. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Ikatan Kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/um026v3i12018p041

Winastwan, G., & Sunarto. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. PT Elex Media Komputindo.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Yastini, Y. N., Nurdian, A. R., & Wikanengsih. (2018). Kemampuan Penggunaan Bahasa Baku Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia Ikip Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(5), 659–664. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/821/pdf

Zahwa, A., Dzikro, T., Dwiningsih, K., Studi, P., & Kimia, P. (2021). Feasibility of Virtual Laboratory-Based Learning Media in The Third Period Sub- Material Chemistry Element. Chemistry Education Practice, 4(2), 161–170. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2389




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arina Sukma Tanjung Asri, Kusumawati Dwiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats