Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh instrumen soal Lomba Cerdas Cermat IPA SMP yang masih bersifat konvensional dan belum berbasis HOTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh dan mendeskripsikan data kevalidan instrumen soal lomba cerdas cermat IPA SMP berbasis ICT dengan aplikasi Quizizz yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang memodifikasi model pengembangan dari Thiagarajan et al. (1974) menjadi tahap define, design, dan develop sehingga dihasilkan sebuah prototype. Penelitian ini menghasilkan prototype berupa 60 butir soal pilihan ganda bertipe HOTS yang dikembangkan berbasis ICT dengan aplikasi Quizizz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prototype memiliki tingkat kevalidan sebesar 86,7% (sangat valid) pada aspek materi, 89,5% (sangat valid) pada aspek konstruksi, dan 90% (sangat valid) pada aspek bahasa maupun penyajian. Sehingga jika ditinjau secara keseluruhan aspek, prototype yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan sebesar 89% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

 

Article Details

Author Biography

Vica Dian Aprelia Resti, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

  
How to Cite
Lestari, S. M., Sjaifuddin, S., & Resti, V. D. A. (2022). Pengembangan Instrumen Soal Lomba Cerdas Cermat IPA SMP Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan Aplikasi Quizizz. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 531–540. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.531-540

References

  1. Asiani, A., Sjaifuddin, S., Biru, L.T. (2022) Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Educaion, 6(1), 113-119.
  2. Asih, T. (2018) Perkembangan Tingkat Kognitif Peserta Didik di Kota Metro. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 9-17.
  3. Citra, C.A., dan Rosy, B. (2020) Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.
  4. Dwipayana, P.A.P., Redhana, I.W., dan Juniartina, P.P. (2020) Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(1), 49-50.
  5. El Islami, R.A.Z., Sari, I.J., Sjaifuddin, S., Nurtanto, M., Ramli, M., dan Siregar, A. (2019). An Assesment of Pre-Service Biology Teachers on Student Worksheet Based on Scientific Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 1-5.
  6. Fanani, M.Z. (2018) Strategi Pengembangan Soal HOTS Pada Kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religion Education, 2(1), 57-76.
  7. Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., Biru, L.T. (2022) Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Kecamatan Sumur - Banten. PENDIPA Journal of Science Educaion, 6(1), 218-225.
  8. Hamid, M, A. (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37-46.
  9. Heong, Y.M., Othman, W., Md Yunos, J., Kiong, T.T., Hassan, R., dan Mohamad, M.M. (2011) The Level of Marzano Higher Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, 1(2), 121-125.
  10. IEA. (2016) TIMSS 2015 International Result in Science. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Center.
  11. Kadir, A. (2015) Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70-81.
  12. Kembara, M.D., Rozak, R.W. A., dan Hadian, V.A. (2019) Research-based Lectures to Improve Student’s 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creavity) Skills. International Symposium on Social Sciences, Education, and Humanites (ISSEH 2018), Vol. 306, 22-26.
  13. Khan, W.B., dan Inamullah, H.M. (2011) A Study of Lower-Order and Higher-Order Question at Secondary Level. Canadian Center of Science and Education, 7(9), 149-157.
  14. Kristanto, P.D., dan Setiawan, P.G.F. (2020) Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait dengan Konteks Pedesaan. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol.3, 370-376.
  15. OECD. (2019) PISA 2018: Result Combined Executive Summaries Volume I, II & III. Paris: OECD Publishing.
  16. Pratiwi, V. (2016) Pengembangan Alat Evalusi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wordshare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(1), 1-7.
  17. Pusat Prestasi Nasional. (2021) Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SMP. Jakarta: Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  18. Rahmah, S., Yuliati, L., dan Irawan, E.B. (2017) Penguasaan Konsep IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(1), 35-40.
  19. Riduwan. (2013) Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  20. Saraswati, P.M.S., dan Agustika, G.N.S. (2020 Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
  21. Schraw, G., dan Robinson, D, H. (2011) Assessment of Higher Order Thinking Skills. New York: Information Age Publishing.
  22. Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., dan Pudjiastuti, A. (2018) Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  23. Sjaifuddin, S., Hidayat., S., Fathurrohman, M., Ardie, R., El Islami, R.A.Z. (2019) The Development of Food Security Behavior Model Through Environmental-based Learning: A System Dynamics Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 230-240.
  24. Sulistiono C.D.A. (2015) Metode Understanding by Design Sebagai Satu Metode Pembelajaran Alternatif Dalam Upaya Meningkatkan Hiher-Order Thinking Skills (HOTS) Perserta Didik: Sebuah Kajian Teoritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Transformatif dan Tantangan Masa Depan Bangsa, 48-57.
  25. Sugiyono. (2015) Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
  26. Susiatin. (2019) Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal dengan Metode Pendampingan Pola “OCF” di SDN Yanti Jogoroto. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(1), 17-24.
  27. Thiagarajan, S., Semmel, D.S., dan Semmel, M.I. (1974) Insructional Development fot Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
  28. Utami, T.P., Sjaifuddin, S., dan Berlian, L. (2022) Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Educaion, 6(1), 128-134.
  29. Winaryati, E. (2018) Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1), 6-19.
  30. Zhao, F. (2019) Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37-43.