Implementasi Metode Bandongan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Asam Basa

Ratih Miftakhur Rosidah(1), Rinaningsih Rinaningsih(2),
(1) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(2) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar asam basa setelah peserta didik mengikuti pembelajaran yang dikenai implementasi metode pembelajaran bandongan. Diketahui bahwa pemahaman dan hasil belajar asam basa peserta didik belum maksimal dikarenakan pasif dan rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran kimia.  Salah satu solusi yang dapat guru lakukan untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan mengimplementasikan metode yang tepat dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang dipilih pada riset ini adalah salah satu metode yang menjadi ciri khas pembelajaran pesantren yakni metode bandongan. Metode bandongan dipilih dengan mempertimbangkan bahwa MAN 3 Kediri merupakan sekolah madrasah dan latar belakang mayoritas peserta didik yang merupakan santri. Riset ini dikategorikan dalam tipe riset pra eksperimen dengan subjek riset yakni peserta didik kelas XI MIPA 4 tahun ajaran 2021/2022 di MAN 3 Kediri. Riset ini menggunakan instrumen berupa lembar pretest serta posttest. Hasil belajar asam basa peserta didik yang meningkat ditunjukkan dengan data riset berupa nilai N-gain rata-rata sebesar 0,61 yang masuk dalam kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode bandongan dapat meningkatkan hasil belajar asam basa peserta didik.

 

Kata kunci: Implementasi; Metode; Bandongan; Hasil belajar; Asam basa.


Keywords


Implementasi; Metode; Bandongan; Hasil Belajar; Asam Basa

Full Text:

PDF

References


Arhas, S. H. (2018). Metode Pembelajaran Black knight. Apa? Mengapa? Dan Bagaimana? Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5, 8.

Aris, A., & Syukron, S. (2020). Perbandingan Metode Bandongan Dan Sorogan dalam Memahami Kitab Safinatunnajah. Tsaqafatuna, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i1.37

Fatih, M. I. A. (2019). Efektivitas Metode Salaf Pondok Pesantren (Metode Sorogan dan Metode Bandongan) Terhadap Hasil Belajar dalam Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu 2018/2019 [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Departement of Physics, Indiana University. https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan dan Bandongan dalam Tradisi Pondok Pesantren. Jurnal Paramurobi, 3, 12.

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Mawaddah, P. A. U. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Bandongan terhadap Minat Membaca Kitab Kuning Santri (Studi di Pondok Pesantren Daarul Falah Carenang-Kopo Kabupaten Serang-Banten) [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Nadhifah, N. (2021). Pelaksanaan Metode Bandongan pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Mengemabnagkan Berpikir Kritis Santri di SMA Plus Ibadurrahman [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 8.

Nurazizah, S. (2021). Implementasi Metode Bandongan dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Sa’diyah, H. (2022). Penerapan Problem Solving terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Masa Pandemik COVID-19. UNESA Journal of Chemical Education, 5.

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Tamsyani, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA dalam Materi Pokok Asam Basa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(1), 10. https://doi.org/10.26858/est.v2i1.1887

Taniady, V. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Pembelajaran Geografi: Penelitian Eksperimen Kuasi pada Kelas X SMA Labschool UPI Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 9.




DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.594-598

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ratih Miftakhur Rosidah, Rinaningsih Rinaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

PENDIPA Journal of Science Education is indexed by :

 

PENDIPA Journal of Science Education
Graduate School of Science Education, University of Bengkulu

Jl. WR Supratman, Bengkulu 38371, Indonesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Email: lutfi@unib.ac.id

View My Stats