Main Article Content

Abstract

Abstract

[Module Development Based on P. berghei Prevention Research in Musculus on Student Critical Thinking]. This study aims to develop learning module based on the research of prevent the occurrence P. berghei bacterial infection and as well as to determine students' critical thinking skills against learning process by modules. This study is Research and Development with 4D design (define, design, development, and desimination). The results of the study found prevention of Plasmodium behergei infection from% inhibitors of erythrocytes at each dose. The dosage used in this study was a dose of 0.014 g / kgbb, 0.028 g / kgbb, 0.056 g / kgbb. The dose of 0.014 g / kg has an 9,24 % inhibitor, a dose of 0.028 g / kgbb has a 9.93% inhibitor, the dose of 0.056 g / kgbb has a 6.61% inhibitor. So the dose of 0.028 g / kgbb is the dose that most reduces the risk of P.berghei infection Mus musculus. In this study the critical thinking students of Semester 6 Chemistry University of Bengkulu classically are good category with a score of 63.13. This percentage is divided in some indicators, the indicator focus  to the question is 67.92 value on the Critical criteria, considering the source can be trusted or not in the critically enough criteria with a value of 59.58, conclude by induction and consider the results of induction with a value of 64, 58 with critical criteria and identify assumptions of getting 63.13 values with critical criteria.

Keyword: Module; J. Multifida; P. Berghei; Mus musculus;  Critical Thinking.

(Received November 19, 2018; Accepted April 15, 2019; Published June 18, 2019)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbasis penelitian pencegahan infeksi Plasmodium berghei terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan desain penelitian 4D (define, design, development, and desimination). Hasil penelitian didapatkan pencegahan infeksi Plasmodium behergei dari % penghambat pada eritrosit pada setiap dosis. Dosis pada penelitian digunakan dosis 0,014 g/kgbb, 0,028 g/kgbb, 0,056 g/kgbbDosis 0,014 g/kgbb memiliki %penghambat 9,24 % , dosis 0,028 g/kgbb mimiliki %penghambat 9,93 %, dosis 0,056 g/kgbb memiliki %penghambat 6,61%. Jadi dosis 0,028 g/kgbb merupakan dosis yang paling mengurangi resiko terinfeksi P.bergehei pada mencit. Pada penelitian berpikir kritis mahasiswa pendidikan Kimia Semester 6 Universitas Bengkulu  secara klasikal berada pada kategori baik dengan nilai 63,13. Persentase ini dibagi dalam beberapa indikator yakni indikator memfokuskan pertanyaan berada pada kriteria Kritis dengan nilai 67,92, mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak berada pada kriteria cukup kritis dengan nilai 59,58, menyimpulkan dengan cara induksi dan mempertimbangkan hasil induksi dengan nilai 64,58 dengan kriteria kritis dan mengidentifikasikan asumsi mendapatkan nilai 63,13 dengan kriteria kritis.

Kata kunci: Modul; J. Multifida; P. Berghei; Mus musculus; Berpikir Kritis.

Article Details

How to Cite
Wahyunarti, M., Yahya, R., & Sundaryono, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Penelitian Pencegahan P. berghei pada Mus musculus terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.2.77-83

References

  1. Amir, M. F. (2015). Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2).
  2. Ennis, R. (1987). A taxonomy of critical thinking dispositions and abilities. In j.b. Baron & r. Sternberg (eds.), teaching thinking skills: Theory and practice (pp. 9-26). New York: W.H. Freeman & Co.
  3. Fahriya, P. S., & Shofi, M. S. (2011). Ekstraksi zat aktif antimikroba dari tanaman yodium (Jatropha multifida Linn) sebagai bahan baku alternatif antibiotik alami.
  4. King, FJ., Goodson, L., and Rohani, F. 2008. Higer Order Thingking Skills : Definition, Teaching Strategies, Assessment. A publication of the Educational Service Program, now known as the Center for Advancement of Learning and Assessment.
  5. Meyer, R. (1978). Designing Learning Modules for inservice Teacher Education. Australia: Centre for Advancement of Teaching.
  6. Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  7. Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135-152.
  8. Sundaryono. A., Ruyani.A., Sari. R.P. 2015. Development of The Stem of Jatropha multifida Linnas A New Antimalarial through Erythrocytes Test on Mus musculus Infected by Plasmodium berghei. Journal Of Biomedicine and Translational Research 01. 1-6
  9. Yasin. M., Aansori. A., 2014. Pengembangan Modul Transmisi Otomatis Mobil Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan. Vol 3 No 1.
  10. Yuliasti. T. 2016. Pengaruh Nanopartikel Perak- Ekstrak Batang Jatropha Multifida L Terhadap Eritrosit Mencit Terinfeksi Plasmodium Berghei dan Implementasinya Pada Pembelajaran Kimia. FKIP UNIB. Tesis.