Main Article Content
Abstract
Fenomena transformasi teknologi kecerdasan buatan menyebabkan banjir informasi dengan jumlah skala yang sangat besar sehingga pentingnya menerapkan kemampuan literasi informasi. Literasi informasi dapat membantu dalam memilah, mengidentifikasi, dan mengevaluasi informasi agar informasi yang didapatkan relevan, utamanya pada ranah perguruan tinggi mahasiswa di dorong bijak dalam memilah informasi dari sumber-sumber yang terpercaya khususnya mahasiswa Jurnalistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi informasi dengan menggunakan The Seven Pillars of Information Literacy pada Mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Nusantara dalam penulisan berita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari wawancara dan studi dokumentasi dengan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mahasiswa Juranlistik Universitas Islam Nusantara mampu menganalisa penulisan berita dengan kemampuan literasi informasi yang dimiliki, namun terdapat beberapa aspek yang perlu untuk ditingkatkan salah satunya adalah manajemen informasi, memperluas pengetahuan terkait elemen visual sebuah berita dan melakukan kolaborasi dengan praktisi berita.
Keywords
Article Details
References
-
Davis, F. D. (1989). "Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of
Information Technology." MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Hamid, A. (2015). "Pengembangan Aplikasi INLISLite di Perpustakaan Nasional." Jurnal Sistem
Informasi, 9(3), 56-64.
Kasmir. (2017). Manajemen Kualitas Pelayanan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nurdiansyah, T., et al. (2019). "Technology Acceptance Model dalam Penggunaan Teknologi
Informasi di Perpustakaan." Jurnal Teknologi Informasi, 11(1), 100-110.
Rezki, R. (2019). "Perkembangan Teknologi Informasi dalam Pengelolaan Perpustakaan." Jurnal
Perpustakaan Digital, 5(2), 45-57.
Suhartika, E. (2015). "Otomasi Perpustakaan: Manfaat dan Tantangannya." Jurnal Perpustakaan,
12(2), 34-45.
Tjiptono, F. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuswardi, S., et al. (2022). "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Manajemen Perpustakaan."
Library Management, 15(1), 10-22.
References
Information Technology." MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Hamid, A. (2015). "Pengembangan Aplikasi INLISLite di Perpustakaan Nasional." Jurnal Sistem
Informasi, 9(3), 56-64.
Kasmir. (2017). Manajemen Kualitas Pelayanan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nurdiansyah, T., et al. (2019). "Technology Acceptance Model dalam Penggunaan Teknologi
Informasi di Perpustakaan." Jurnal Teknologi Informasi, 11(1), 100-110.
Rezki, R. (2019). "Perkembangan Teknologi Informasi dalam Pengelolaan Perpustakaan." Jurnal
Perpustakaan Digital, 5(2), 45-57.
Suhartika, E. (2015). "Otomasi Perpustakaan: Manfaat dan Tantangannya." Jurnal Perpustakaan,
12(2), 34-45.
Tjiptono, F. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuswardi, S., et al. (2022). "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Manajemen Perpustakaan."
Library Management, 15(1), 10-22.