Isi Artikel Utama
Abstrak
Fenomena society 5.0 menyebabkan banjir informasi dengan jumlah skala yang sangat besar sehingga pentingnya menerapkan kemampuan literasi informasi. Literasi informasi dapat membantu dalam memilah, mengidentifikasi, dan mengevaluasi informasi agar informasi yang didaptkan relevan, utamanya pada ranah perguruan tinggi mahasiswa di dorong bijak dalam memilah informasi dari sumber-sumber yang terpercaya khususnya mahasiswa dengan konsentrasi Jurnalistik Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Nusantara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi infomasi dengan menggunakan The Seven Pillars of Information Literacy pada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Nusantara dalam penulisan berita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari wawancara dan studi dokumentasi dengan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Nusantara mampu menganalisa penulisan berita dengan kemampuan literasi informasi yang dimiliki, namun terdapat beberapa aspek yang perlu untuk ditingkatkan salah satunya adalah manajemen informasi, memperluas pengetahuan terkait elemen visual sebuah berita dan melakukan kolaborasi dengan praktisi berita.
Kata Kunci : Literasi Informasi, The Seven Pillars of Information Literacy, Mahasiswa
Rincian Artikel
Referensi
-
Anggito, A. & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: Jejak Publisher
Maulidia, S., & Syarifah, H. Z. (2023). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2019 dalam Menyelesaikan Tugas Akhir menggunakan Model the Seven Pillar. LibTech: Library and Information Science Journal, 4(2), 38-49. https://doi.org/10.18860/libtech.v4i2.22019
Moleong, Lexy. j. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Monika, W., Amelia, V., & Hakim, T. D. (2022). Penelusuran Informasi Ilmiah Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Lancang Kuning. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(2), 125-132. https://shorturl.at/isqK5
Rukajat. A. 2018. Pendekatan Penelitian Kualiltatif, Yogyakarta: Deepublish
Samosir, F. T. & Ginting, R.T. 2024. Literasi Informasi dan Perpustakaan. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Sulasari, R., Dastina, W., & Ramayanti, R. (2020). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Berdasarkan “The Seven Pillars of Information Literacy”. Nazharat: Jurnal Kebudayaan, 26(02), 431-456.
https://doi.org/10.30631/nazharat.v26i02.37
Widiastuti, F. D., & San Fauziya, D. (2024). Pemanfaatan media audio visual YouTube untuk meningkatkan kemampuan menulis berita pada pembelajaran Indonesia. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 27-43. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3784
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). 10.24235/edueksos.v10i2.8096
Zalmi, F. N. H., Rahmi, L., & Friona, M. K. (2023). Kompetensi Literasi Informasi pada Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Imam Bonjol Padang. Literatify: Trends in Library Developments, 299-311.
Referensi
Maulidia, S., & Syarifah, H. Z. (2023). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2019 dalam Menyelesaikan Tugas Akhir menggunakan Model the Seven Pillar. LibTech: Library and Information Science Journal, 4(2), 38-49. https://doi.org/10.18860/libtech.v4i2.22019
Moleong, Lexy. j. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Monika, W., Amelia, V., & Hakim, T. D. (2022). Penelusuran Informasi Ilmiah Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Lancang Kuning. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(2), 125-132. https://shorturl.at/isqK5
Rukajat. A. 2018. Pendekatan Penelitian Kualiltatif, Yogyakarta: Deepublish
Samosir, F. T. & Ginting, R.T. 2024. Literasi Informasi dan Perpustakaan. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Sulasari, R., Dastina, W., & Ramayanti, R. (2020). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Berdasarkan “The Seven Pillars of Information Literacy”. Nazharat: Jurnal Kebudayaan, 26(02), 431-456.
https://doi.org/10.30631/nazharat.v26i02.37
Widiastuti, F. D., & San Fauziya, D. (2024). Pemanfaatan media audio visual YouTube untuk meningkatkan kemampuan menulis berita pada pembelajaran Indonesia. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 27-43. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3784
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). 10.24235/edueksos.v10i2.8096
Zalmi, F. N. H., Rahmi, L., & Friona, M. K. (2023). Kompetensi Literasi Informasi pada Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Imam Bonjol Padang. Literatify: Trends in Library Developments, 299-311.