Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fitur pembayaran Shopee PayLater dalam media e-commerce Shopee terhadap kepercayaan belanja online pada mahasiswa FISIP Universitas Bengkulu. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Terdapat 95 sampel yang telah ditetapkan sebagai responden dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan studi pustaka yang relevan. Adapun data kuisioner yang dikumpulkan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan skala likert sebagai skala pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh dari fitur pembayaran Shopee PayLater dalam media e-commerce Shopee terhadap kepercayaan belanja online pada mahasiswa FISIP Universitas Bengkulu sebesar 80,9% dan sisanya 19,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diujikan. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori uses and gratification, di mana pengguna fitur pembayaran Shopee PayLater (uses) berperan aktif dalam memilih fitur tersebut untuk melakukan transaksi pembayaran yang kemudian menjadi pemicu kepercayaan belanja online.


Kata Kunci : Fitur Pembayaran Shopee Paylater, Media E-CommerceShopee, Belanja Online

Article Details

How to Cite
SARI, I. P. (2023). Pengaruh Fitur Pembayaran Shopee Paylater Dalam Media E-commerce Shopee Terhadap Kepercayaan Belanja Online Pada Mahasiswa FISIP Universitas Bengkulu. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 7(1), 105–114. https://doi.org/10.33369/jkaganga.7.1.105-114