Main Article Content

Abstract

Penelitian Ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kecakapan literasi digital mahasiswa Universitas Bengkulu dalam mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan memproduksi pesan pada fitur add yours di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan rancangan studi kasus tunggal (single case study). Informan di dalam penelitian ini ditentukan menggunakan tekni purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan observasi (data primer), serta melalui dokumentasi studi kepustakaan (data sekunder). Penelitian ini menggunakan teori literasi digital yang berfokus pada konsep kecakapan literasi digital oleh Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi). Hasil Penelitian Ini menunjukkan bahwa kelima mahasiswa Universitas Bengkulu yang menggunakan fitur add Yours memiliki kemampuan literasi digital yang cukup baik. Hal ini dilihat dari kemampuan mahasiswa dalam mengakses, mengevaluasi, menganalisis, dan memproduksi pesan. Mahasiswa memiliki  kemampuan mengakses media sosial instagram yang baik dilihat dari bagaimana mereka menggunakan dan memanfaatkan aplikasi serta fitur yang tersedia. Dalam menganalisis pesan mahasiswa memiliki kemampuan yang cukup baik dilihat dari bagaimana mereka menganalisis isi pesan pada konten yang ada pada fitur add yours. Kemampuan mahasiswa dalam mengevaluasi isi pesan cukup baik, sehingga dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan fitur add yours. Mahasiswa juga memiliki kemampuan yang baik dalam memproduksi pesan dan konten di media sosial khususnya melalui fitur add yours, dilihat dari bagaimana kreativitas di dalam unggahan mereka.


Kata Kunci : Add Yours, Instagram, Japelidi, Kecakapan Literasi Digital, Literasi Digital

Article Details

How to Cite
Saputra, R. J. I. (2023). Kecakapal Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Fitur Add Yours. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 7(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/jkaganga.7.1.38-46