Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif selebgram dalam endorsement product kecantikan di Instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi Persuasif menurut Onong U. Effendy yaitu, Teknik Asosiasi, Teknik Ganjaran dan Teknik Tataan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu mendapatkan gambaran tentang apa yang sedang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Teknik Ganjaran dan Teknik Tataan merupakan teknik yang paling sering digunakan oleh selebgram @alinxcaa, karena followers lebih mudah diberikan iming-iming melalui postingan endorsement produk kecantikan di instagram. Selain itu selebgram @alinxcaa lebih mudah mempengaruhi followers dan lebih terarah dalam menata pesan dengan imbauan emosional. Kelebihan dari Teknik Ganjaran dan Teknik Tataan ialah khalayak atau followers lebih mudah untuk memahaminya.


Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Selebgram, Endorsement, Produk Kecantikan

Article Details

How to Cite
Andini Rahmasari. (2023). KOMUNIKASI PERSUASIF SELEBGRAM DALAM ENDORSEMENT PRODUCT KECANTIKAN: (Studi Pada Akun Instagram Selebgram @alinxcaa). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 7(2), 203–213. https://doi.org/10.33369/jkaganga.7.2.203-213