Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer TikTok Sanakkuliner pada promosi kuliner Baso O’Boss terhadap keputusan pembelian. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Karakteristik responden penelitian ini adalah audience yang mempunyai akun Tiktok dan menyukai video promosi kuliner Baso O’Boss oleh influencer TikTok Sanakkuliner yang ada di kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode survei yaitu kuisioner yang dikumpulkan, dianalisis dengan menggunakan regresi liner sederhana melalui program SPSS 16 serta studi pustaka, berupa buku – buku penunjang, jurnal dan penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Stimulus Organism Respons (SOR), dimana Stimulus yang diberikan adalah pesan yang dibagikan oleh influencer TikTok Sanakkuliner berupa promosi kuliner Baso O’Boss sehingga menghasilkan respon berupa keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa ada pengaruh Influencer TikTok Sanakkuliner pada promosi kuliner Baso O’Boss terhadap keputusan pembelian dengan koefisien determinasi sebesar 0,355 (R square) yang artinya besaran pengaruh sebesar 35,5% dan 64,5% dipengaruhi oleh faktorlain di luar variabel yang diujikan. Faktorlain diluar promosi kuliner oleh influencer TikTok Sanakkuliner yaitu bisa berupa promosi influencer lain, atau tempat domisili audience yang jauh, dan faktor-faktor lainnya.


Kata kunci : Promosi Kuliner , Aplikasi Tiktok, Influencer TikTok

Article Details

How to Cite
Adinda Millenia Farras Aqilah. (2023). Pengaruh Promosi Kuliner Baso O’Boss Oleh Influencer Tiktok Sanakkuliner Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 7(2), 214–223. https://doi.org/10.33369/jkaganga.7.2.214-223