Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pemanfaatan reenactment dalam edukasi sejarah publik dan pembelajaran sejarah di sekolah. Reenactment merupakan kegiatan “mereka ulang” peristiwa bersejarah semirip mungkin dengan aturan tertentu yang kompleks dimana kegiatan ini memiliki kemiripan dengan metode belajar role play atau bermain peran. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan beberapa metode yaitu studi literatur, studi kasus dan wawancara untuk memperoleh data. Adapun sumber informasi yang didapatkan lewat wawancara didapatkan dari berbagai pihak yang telah lama berkecimpung dalam dunia reenactment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak manfaat dan hambatan atau kekurangan dalam pemanfaatan unsur reenactment dalam pembelajaran sejarah publlik dan pendidikan sejarah di sekolah.


Kata Kunci: reenactment, sejarah publik, pelajaran sejarah

Article Details

How to Cite
Yogatama, R. D. (2023). PEMANFAATAN REENACTMENT DALAM SEJARAH PUBLIK DAN PENDIDIKAN SEJARAH. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 7(1), 47–68. https://doi.org/10.33369/jkaganga.7.1.47-68